Senin, 17 Juli 2023 - 15:32:43 WIB

KRI Bima Suci Kembali Torehkan Prestasi Pada Event Tall Ship Race 2023

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 422 kali


KRI Bima Suci yang merupakan kapal layar latih tiang tinggi kebanggaan TNI Angkatan Laut (TNI AL) kembali menorehkan prestasi pada event Tall Ship Race 2023 di Dermaga Toldbodbrygga, Fredrikstad, Norwegia pada Minggu (16/07) kemarin dengan terpilihnya sebagai kapal terbaik dalam perhelatan event kapal layar bergengsi internasional.

KRI Bima Suci meraih tropi "The Best Dressed Ship" yang merupakan tropi keenam setelah sebelumnya KRI Bima Suci menerima 1 tropi Spectacular Arrival di Inggris dan 4 tropi The Most Spectacular Arrival, Vesel Farthest From Home Port, The Best Crew Parade serta Runner Up Sport Activity di Belanda pada beberapa waktu silam. Pemberian tropi diberikan langsung oleh Siri Martinsen yang bertindak sebagai Walikota Fredrikstad sekaligus sebagai tuan rumah pada perhelatan bergengsi tersebut.

Kedatangan KRI Bima Suci ini setelah menyelesaikan etape kedua Tall Ship Race 2023 selama 3 hari pelayaran dengan jarak tempuh 450 nautical mile. Selama sandar selama 3 hari, KRI Bima Suci mengikuti beberapa kegiatan yang diselenggarakan panitia seperti Parade Crew, Sport Activities, Pembersihan Sungai serta beberapa kegiatan lainnya sebelum nantinya KRI Bima Suci akan melanjutkan etape ketiga menuju Arbedeen, Skotlandia.

Penampilan prajurit KRI Bima Suci selama sandar berhasil membuat semua mata pengunjung yang hadir tertuju pada pertunjukan tersebut. Para pengunjung juga disuguhi kesenian yang ditampilkan oleh para prajurit KRI Bima Suci dari berbagai daerah di nusantara, Indonesia seperti dari Sumatra Barat, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah serta beragam tenue yang dimiliki personil TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam event parade crew. Tidak hanya itu, penampilan Reog Ponorogo dan ikut serta Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Norwegia membuat kirab semakin meriah. Hal ini lagi-lagi membuat kehadiran para prajurit KRI Bima Suci yang dalam rangka pelayaran misi diplomasi dan duta bangsa Kartika Jala Krida 2023 berhasil menyuguhkan diaspora Indonesia di Norwegia.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M. Sati Lubis yang sekaligus sebagai Dansatgas KJK 2023 menyampaikan bahwa KRI Bima Suci juga mengemban misi untuk mempromosikan seni dan budaya sekaligus tujuan wisata Indonesia. "Dengan begitu kehadiran kami dalam event bergensi ini selain memberikan gambaran dan pertunjukkan kepada dunia tentang Indonesia, juga diharapkan hubungan persaudaraan dapat tercipta sehingga misi diplomasi kami sebagai Satgas Misi Pelayaran Diplomasi dan Duta Bangsa dapat terwujud", ujar Letkol Laut (P) M. Sati Lubis.

Pada kesempatan tersebut Letkol Laut (P) M. Sati Lubis menyampaikan rasa terima kasih kepada para prajurit dan Taruna AAL dan yang ikut berperan serta dalam pelayaran muhibah diplomasi dan duta bangsa Indonesia serta berharap dengan kegiatan Tall Ship Race Sail Den Helder 2023 tersebut semakin mempererat hubungan dan persaudaraan antara negara-negara yang memiliki kapal layar.

Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali kepada seluruh prajurit TNI AL yang tengah menjalankan misi diplomasi bahwa peran serta TNI AL dalam pelayaran muhibah diplomasi merupakan implementasi dari cita-cita bangsa Indonesia untuk menciptakan persahabatan dan memperkenalkan budaya kepada dunia. “Maka dari itu para prajurit yang ditugaskan harus bangga karena merupakan bagian dari kepercayaan yang diberikan oleh negara", tegas Kasal.