Selasa, 09 Juli 2024 - 18:53:57 WIB

Penjagaan Seskoal Membiarkan Prajurit Asing Masuki Wilayahnya

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 210 kali


Seskolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Sesko AL) merupakan merupakan pendidikan umum tertinggi di TNI AL, mendidik Perwira Menengah yang tidak hanya TNI AL saja, tapi juga Perwira Menengah yang berasal dari Matra Darat, Udara, Kepolisian dan juga Negara Sahabat. Kesemuanya itu dicetak untuk menjadi calon-calon pemimpin TNI, khususnya TNI Angkatan Laut yang berkualitas untuk mampu menghadapi tantangan masa depan.

Dalam kegiatannya, Seskoal sering melakukan kerjasama dan aktifitas yang berkaitan dengan pendidikan, terutama dengan lembaga pendidikan lainnya. Lembaga pendidikan tersebut tidak hanya dari dalam negeri saja, tapi juga lembaga pendidikan yang berasal dari luar negeri. Sebagai informasi saat ini Seskoal kedatangan delegasi negara sahabat, yaitu Australian Command and Staff College (ACSC) yang merupakan lembaga pendidikan di Australia setingkat Sesko.

Dalam kunjungannya kali ini, delegasi ACSC dipimpin oleh Air Commodore Ruth Elsley, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan “Australian War College”. Setibanya di Seskoal, rombongan yang berjumlah 19 orang dan terdiri dari 17 Pasis serta dua orang staf ini langsung melaksanakan foto bersama di Plaza Dharma Wiratama dan dilanjutkan rehat sejenak serta paparan.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Fauzi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., M.Han. yang diwakili oleh Wakil Komandan Seskoal, Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS mengucapkan selamat datang dan berkesempatan memperkenalkan Pejabat Utama Seskoal yang hadir pada acara tersebut. Selain itu dijelaskan juga secara singkat terkait Pendidikan Regular Seskoal angkatan ke-62 yang saat ini tengah dilaksanakan. Disampaikan juga bahwa, Pasis Dikreg yang saat ini tengah menjalani pendidikan berjumlah 183 orang, yang terdiri dari 161 Pasis dari TNI AL, 4 dari TNI AD, 4 Pasis TNI AU dan Sembilan dari Kepolisian. Selain itu, terdapat juga 5 pasis negara sahabat, yang berasal dari Korea, Singapore, Malaysia, India dan Australia.

“Pendidikan Regular Seskoal angkatan ke-62 mendidik 183 Pasis, yang terdiri dari 161 Pasis TNI AL, 4 dari TNI AD, 4 Pasis TNI AU dan 9 dari Kepolisian. Selain itu, terdapat juga 5 pasis negara sahabat”, ujar Danseskoal. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi fasilitas pendidikan yang ada di Seskoal dan diakhiri dengan pertukaran cendera mata.