Kamis, 06 Juni 2024 - 15:03:23 WIB

Presiden Beri Instruksi Menhan Prabowo Bangun RS dan Kirim Nakes ke Gaza

Penulis : Redaksi
Kategori: POLITIK DAN HUKUM - Dibaca: 2161 kali


Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Kamis (6/6/2024). Prabowo mengakui membahas sejumlah hal, termasuk bantuan Indonesia ke Gaza, Palestina.

Prabowo menyampaikan dirinya dan Jokowi bersepakat untuk membantu mendirikan rumah sakit dan mengirim tenaga kesehatan ke Gaza, Palestina.

"Dalam beberapa hal masalah Gaza saya lapor ke presiden dan presiden sangat mendukung, memberi instruksi kepada saya kita siap mengirim rumah sakit, mengirim tenaga kesehatan kita di dalam Gaza," ujar Prabowo kepada wartawan.

Prabowo menjelaskan, bantuan Indonesia tersebut akan bekerja sama dengan beberapa negara lain. salah satunya Uni Emirat Arab.

"Bekerja sama dengan beberapa negara mitra kita, terutama negara-negara Timur Tengah yang juga sudah mengoperasikan rumah sakit di situ, yaitu Uni Emirat Arab," jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga menugaskan Prabowo untuk menghadiri KTT soal Gaza di Yordania, serta mengunjungi Arab Saudi.

"Kemudian beliau juga tugaskan saya untuk berangkat ke Yordania untuk menghadiri KTT masalah Gaza dan beliau juga instruksikan ke saya untuk berusaha mampir dahulu di Arab Saudi," jelas Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo menyatakan kesiapan Indonesia untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian ke Gaza guna menjaga dan memonitor gencatan senjata antara Palestina dan Israel.

"Kami (Indonesia) siap mengirimkan pasukan penjaga perdamaian untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua pihak," kata Prabowo dalam pertemuan International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue ke-21 di Singapura, Sabtu (1/6/2024).

Langkah tersebut merupakan komitmen Indonesia dalam menjaga perdamaian di Gaza serta mendukung gencatan senjata antara Palestina dan Israel.

Tindakan tersebut juga merupakan bagian dari dukungan Indonesia terhadap upaya percepatan two-state solution untuk menyelesaikan konflik Palestina-Israel. Indonesia juga siap mengirimkan tenaga medis untuk mengelola rumah sakit lapangan di Gaza.

"Indonesia juga sangat bersedia mengevakuasi dan merawat warga sipil Palestina yang terluka serta membutuhkan perawatan di rumah sakit lapangan," tambah Prabowo.

Prabowo menekankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan instruksi untuk mengevakuasi, menerima, dan merawat sekitar 1.000 pasien dengan perawatan medis dalam waktu dekat. (B1)