Senin, 12 Februari 2024 - 20:47:45 WIB

Kasal Tinjau Kesiapan Gelar Kekuatan TNI AL Dalam Rangka Pemilu 2024

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 190 kali


Beberapa hari ke depan, bangsa Indonesia akan menyelenggarakan Pesta Demokrasi yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Guna mendukung perhelatan tersebut Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, meninjau kesiapan dan menerima laporan dari sejumlah satuan TNI AL dalam rangka Pemilu tahun 2024 bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (12/02).

Dalam kesempatan ini Kasal menegaskan bahwa, TNI AL berkomitmen untuk menjaga netralitas, turut serta dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban serta memitigasi dan mencegah potensi gangguan keamanan yang dapat mengancam integritas pemilu melalui langkah koordinasi yang efektif antara TNI AL, matra lain, Kepolisian serta instansi terkait lainnya guna memastikan keberhasilan Pemilu tahun 2024.

“Dalam pelaksanaan proses Pemilu nantinya TNI AL harus tetap netral tanpa memihak, dan menghindari pihak yang memiliki kepentingan tersendiri yang nantinya dapat merusak nama baik TNI AL yang sudah memiliki percayaan di mata masyarakat dan berbagai lembaga pemerintahan", ujar Kasal.

Sejumlah kekuatan telah dilibatkan oleh TNI AL dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut, tercatat di sejumlah wilayah TNI AL telah mengerahkan personel maupun unsurnya untuk mendukung Pemilu 2024.

Sebanyak Satu Satuan Setingkat Batalyon (SSY) dari Pasmar 1 Jakarta telah di BKO ke jajaran Mabes TNI atas instruksi Panglima TNI. Selain itu sejumlah Pangkalan TNI AL (Lanal) di sejumlah kota seperti Lanal Cilacap, Lanal Tegal, dan Lanal Semarang tergabung dalam satuan tugas pengamanan Pemilu yang di BKO ke Kodam IV/ Diponegoro.

Bukan saja melibatkan pasukan, dalam Pemilu ini, TNI AL juga mendukung sejumlah unsur KRI, KAL, dan Patkamla guna pendistribusian logistik serta petugas penyelenggara Pemilu ke sejumlah wilayah di tanah air yang tidak terjangkau melalui akses darat maupun udara.

Pada wilayah Komando Armada I TNI AL mendistribusikan logistik Pemilu ke wilayah Kabupaten Lingga. Sedangkan di wilayah Koarmada II TNI AL mengerahkan unsurnya guna pendistribusian ke wilayah Tahuna, Marore, Kawio, Matutuang, Kawaluso, Lipang, Pulau Melongune, Pulau Karatung, Pulau Marampit, hingga ke wilayah Bitung Sulawesi Utara.

Untuk wilayah Koarmada III pendistribusian logistik dengan unsur TNI AL meliputi wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Seram Bagian Timur, hingga Kabupaten Raja Ampat di Provinsi Papua Barat Daya.

Turut hadir langsung dalam kegiatan ini Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma, Pangkoarmada RI, Danpushidrosal, Para Pangkotama wilayah Jakarta dan Danpuspenerbal.

Sedangkan para Pangkotama wilayah Koarmada II, III, Pasmar 2 dan 3 serta seluruh Komandan Satuan TNI AL diluar wilayah Jakarta mengikuti kegiatan tersebut melalui Video Conference (Vicon).