Jumat, 02 Februari 2024 - 18:20:13 WIB

Maharani (Serang) Jadi Satu-Satunya Academia Group 3 Yang Panen Standing Ovation Dewan Juri

Penulis : Redaksi
Kategori: MUSIK DAN FILM - Dibaca: 444 kali


* Selma (Buton Selatan) Gagal Lolos ke D’Academy 6 Top 12

Ajang pencarian bakat favorit pemirsa “D’Academy 6” semakin mengerucut di babak Top 16. Setelah Mita (Karawang) dari Group 2 dipastikan harus tersenggol pada hari Rabu kemarin, kini giliran Group 3 yang terdiri dari Eca (Makassar), Maharani (Serang), Riyan (Lombok Timur),dan Selma (Buton Selatan) yang berlomba-lomba mempersembahkan penampilan terbaik mereka untuk dapat melaju ke babak selanjutnya, tadi malam (01/02).

Sesuai dengan tema penampilan di babak Top 16 yakni “By Request”, academia membawakan lagu sesuai dengan permintaan kerabatnya masing-masing. Eca (Makassar) sebagai penampil pertama membawakan lagu “Nurjanah” yang menjadi permintaan sang ibunda. Sayangnya, penampilan Eca hanya berhasil mendapat satu standing ovation dari Denada. “Dari saat aku melihat kamu dari babak audisi, aku tahu perjalanan kamu akan panjang di panggung ini, karena kamu hampir memiliki semua yang dibutuhkan. Malam hari ini, kamu berhasil tampil pas, sesuai dengan porsinya,” puji Denada, sebagai satu-satunya dewan juri yang memberikan standing ovation untuk Eca. Berbeda dengan Denada, menurut Dewi Perssik penampilan Eca terkesan kurang percaya diri dan kurang berhasil ketika menyanyikan nada tinggi di lagu “Nurjanah”. “Penampilan kamu bukannya tidak bagus, tapi terkesan kurang santai kalau kata Bunda,” tambah Bunda Hetty Koes Endang yang juga tidak memberikan standing ovation untuk Eca.

Penampil kedua yakni, Riyan (Lombok Timur) membawakan lagu yang diminta oleh sang ayah yakni, lagu dari Rhoma Irama berjudul “Bulan Bintang”. Gagal mendapatkan standing ovation, penampilan Riyan justru mendapat cukup banyak kritikan dari dewan juri. “Kamu sebenarnya ada progress dibandingkan penampilan kamu yang sebelumnya. Di penampilan yang tadi, dari awal hingga tengah lagu itu kamu enak nyanyinya. Sudah buka mulut, sudah lebih keluar suaranya. Tapi di coda tadi, kamu balik lagi tidak buka mulut, nyanyinya ditahan, sehingga kontrol notasinya jadi kurang stabil,” ujar Soimah. Denada juga menambahkan tips untuk Riyan, bahwa ketika mau mengambil nada tinggi dirinya harus yakin dan percaya diri bahwa nada tersebut bisa ia nyanyikan dengan baik.

Kembali membawakan lagu dari “Sang Raja Dangdut” Rhoma Irama, penampil ketiga Selma (Buton Selatan) berhasil mendulang satu standing ovation dengan lagu “Surat Terakhir”. “Hatiku terenyuh dengan suaranya Selma. Selain itu, cengkok kamu juga sudah matang. Kamu bisa menyanyikannya dengan santai dan pas di hati saya,” puji Dewi Perssik. “Menurut Bunda, kamu bagus saat nyanyi tadi tidak fals. Namun, rasa penyampaian kamu saat bernyanyi tadi masih on and off. Jadi tidak stabil,” ujar Hetty Koes Endang.

Maharani (Serang) sukses menutup penampilan Group 3 dengan ciamik dan sukses memanen standing ovation dari seluruh dewan juri dengan membawakan lagu “Bumi Pun Turut Menangis”. “Maharani malam hari ini tidak mengecewakan pendukungnya yang sudah datang dan juga tidak mengecewakan kami para dewan juri. Mungkin ini jadi yang pertama kalinya buat saya memberikan standing ovation untuk kamu, karena di penampilan-penampilan kamu yang sebelumnya cengkok kamu suka terlalu berlebihan. Tapi malam ini, cengkok kamu pas sekali dan kamu juga tepat sekali ketika menembak nada-nada yang sulit di lagu ini,” puji Soimah. Ketiga juri lainnya pun sepakat dengan komentar Soimah dan turut menambahkan bahwa penguasaan panggung dari Maharani juga sangat baik.

Tiba waktunya bagi para host untuk mengumumkan hasil polling academia dan academia pilihan dewan juri yang diselamatkan untuk lolos ke babak selanjutnya. Maharani (Serang) menempati peringkat pertama dengan perolehan polling tertinggi sebesar 28.23%, dan otomatis lolos ke babak selanjutnya. Academia pilihan dewan juri jatuh kepada Eca (Makassar) dan disusul oleh Riyan (Lombok Timur) dengan perolehan polling sebesar 25.68%. Mereka berdua dipastikan menyusul keberhasilan Maharani untuk melaju ke babak berikutnya. Sementara, Selma (Buton Selatan) menempati peringkat terakhir dengan 21.37% harus berpuas diri tersenggol di babak Top 16.

Dukungan berupa vote dari pemirsa sangat penting karena siapapun yang memperoleh polling tertinggi otomatis akan langsung lolos ke babak selanjutnya. Pemirsa dapat mendukung academia favorit pemirsa dengan melalui SMS dengan ketik DA(spasi)NAMA ACADEMIA kirim ke 97288 (tarif Rp2000+PPN/SMS) atau bisa juga vote melalui aplikasi Vidio dengan cara, buka Arcade Tab di aplikasi Vidio, pilih banner voting D’Academy 6, lalu pilih academia favoritmu, dan vote sebanyak-banyaknya.

Dukung dan saksikan penampilan dari Group 4 “D’Academy 6 Top 20” yang terdiri dari Afira (Bulukumba), Ina (Situbondo), Owan (Boalemo), dan Raiyhan (Brebes) malam ini, Jumat, 2 Februari 2024, pukul 20.30 WIB, LIVE di INDOSIAR!