Jumat, 15 Desember 2023 - 12:36:37 WIB

Kasal Terima Gelar Kehormatan dari Dua Kesultanan di Maluku Utara

Penulis : Redaksi
Kategori: LIPUTAN EKSLUSIF - Dibaca: 1796 kali


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menerima dua gelar kehormatan sekaligus dari Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore, di Kepulauan Maluku Utara, Rabu (13/12). Kedatangan Kasal di provinsi tersebut, dalam rangka menghadiri puncak acara Hari Nusantara (Harnus) 2023 yang berlangsung di lokasi Wisata Pantai Tugulufa Tidore.

Gelar kehormatan pertama yakni *Kapita Ori Ma Ahi Malamo atau Penguasa Laut Terbesar* yang diberikan langsung oleh Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah M. Sjah, dengan disaksikan oleh perangkat adat Kesultanan Ternate di dalam Kedaton Ternate, pada Selasa (12/12).

“Dengan pemberian gelar dari Kesultanan Ternate kepada pemangku-pemangku penyelenggara Negara, baik TNI-Polri maupun sipil, dapat menambah semangat untuk tetap menjaga adat istiadat di daerah. Semoga dengan penganugerahan ini, apa yang menjadi cita-cita kita dapat tercapai, dan kami dari Kesultanan Ternate senantiasa mendoakan agar karirnya ditinggikan oleh Allah SWT selepas dari Kedatong Ternate," ungkap Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah M. Sjah.

Penganugerahan gelar kehormatan kedua yaitu dari Kesultanan Tidore, dengan Gelar Kapita Ngolo Macahaya Nyili Gulu Gulu, yang berarti Panglima Cahaya Laut Wilayah Jauh Kesultanan Tidore. Gelar tersebut dianugerahkan oleh Sultan Tidore Husain Sjah, di Kedaton Kesultanan Tidore, Rabu (13/12).

Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terimakasihnya atas penganugerahan gelar adat yang diberikan. Menurutnya, hal tersebut merupakan suatu kehormatan sekaligus sebuah kebanggaan.

“Ini merupakan satu amanah sekaligus tanggung jawab yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Kedepan TNI AL akan semakin mempererat hubungan dan sinergitas dengan wilayah Maluku Utara, khususnya pada aspek keamanan laut. Selain itu TNI AL juga akan terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di wilayah tersebut”, ungkap Kasal.

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di jajaran TNI AL tersebut juga mengajak pada putra dan putri terbaik di Maluku Utara untuk bergabung menjadi prajurit Jalasena TNI AL.

“Satuan Pendidikan (Satdik) 4 Kodiklatal TNI AL saat ini telah resmi dibuka, tentunya hal tersebut membuka kesempatan bagi putra dan putri daerah di Maluku Utara untuk bisa mengikuti pendidikan bergabung bersama TNI AL,” tandas Kasal.