Sabtu, 14 Oktober 2023 - 14:34:52 WIB

Mampu Kembangkan Adat dan Budaya Indonesia, Raja-Raja se-Sumbar Dukung Ganjar

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 2492 kali


Karena dinilai sebagai sosok pemimpin yang mampu untuk terus mengembangkan adat dan kebudayaan di Indonesia, Dinasti Nusantara selaku sukarelawan yang terdiri atas para raja, sultan, ratu hingga tokoh adat di berbagai wilayah termasuk dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mendukung penuh Ganjar Pranowo.

Sultan Wawan Fitrah Nugraha Abdurrahman Thaha Syaifuddin Bergelar Sultan Mudo Mangkunegoro dari Kesultanan Melayu Jambi dalam silaturahmi bersama raja-sultan serta lembaga adat Se-Sumatera Barat (Sumbar), Riau, dan Jambi di Padang, Jumat mengatakan kegiataan ini dilakukan untuk menjaring aspirasi dan keinginan para raja dan sultan serta lembaga adat se-Sumbar, Jambi, dan Riau.

Mereka semua berdiskusi mengenai bagaimana strategi untuk bisa dan semakin meningkatkan keterkenalan dari Ganjar Pranowo kepada seluruh masyarakat. Termasuk juga mendiskusikan bagaimana terkait visi dan misi ke depan dalam mengusung kemenangan Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut.

Harapan sangat besar terus dikemukakan kepada sosok mantan Gubernur di Jawa Tengah (Jateng) yang pernah menjabat selama dua periode atau sepuluh tahun terakhir itu agar bisa terus terjadi sinergitas antara pemerintah dengan pihak Kesultanan Melayu Jambi. Pasalnya, seluruh masyarakat di Jambi sebelumnya juga telah menggelar diskusi dengan pihak keluarga Kesultanan Melayu Jambi kalau mereka semua sangat menginginkan agar Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) kedelapan selanjutnya.

Kegiatan ini dihadiri Sri Paduka Raja Yang Dipertuan Agung Haji Tengku Muhammad Nizar dari Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan di Riau, Tantua Rajo Sailan Kerajaan Balai Janggo Darussalam, dan Sultan Wawan Fitrah Nugraha Abdurrahman Thaha Syaifuddin Bergelar Sultan Mudo Mangkunegoro dari Kesultanan Melayu Jambi. Selain itu, ormas tokoh masyarakat Minangkabau Group Alventura.

Pada kesempatan yang sama, Sri Pduka Yang Dipertuan Agung Haji Tengku Muhammad Nizar dari Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan di Riau juga mengatakan bahwa dirinya memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung penuh Ganjar Pranowo sebagai Presiden Tanah Air pada periode tahun 2024 hingga 2029 mendatang.

Dukungan terus mengalir kepada sosok suami dari Siti Atiqoh itu dikarenakan memang figurnya yang selama ini mampu menarik banyak perhatian berbagai kalangan. Dirinya bukan hanya dekat dengan golongan ulama, tokoh agama, kyai dan santri saja, meainkan juga mampu dekat kepada para raja, sultan dan lembaga adat di seluruh Indonesia, khususnya di Sumatera Barat (Sumbar), Riau dan Jambi.

Pilpres mendatang akan mempertarungkan sebanyak 3 pasangan kandidat, namun banyak pihak sangat mengakui bahwa hanya Ganjar Pranowo yang merupakan sosok mampu mendekatkan diri dengan seluruh kalangan. Berbeda dengan dua calon kandidat lain yang dinilai kurang mampu memberikan perhatian kepada kerajaan. Maka dari itu, menjadikan figurnya terus didukung.

Selain itu, sosok kader dari Partai Politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu juga dinilai merupakan seorang pemimpin yang mampu mendengarkan aspirasi dari seluruh rakyatnya dari berbagai macam kalangan serta elemen masyarakat tanpa membedakan, termasuk juga mengenai adanya aspirasi tentang dibentuknya lemnaga untuk kerajaan dan kesultanan di Indonesia akan jauh lebih diperhatikan lagi olehnya.

Di tangan kepemimpinan Ganjar Pranowo mendatang, maka akan sudah sangat jelas bahwa Pemerintah RI selanjutnya mampu lebih bijak dalam menyikapi keberadaan kerajaan dan juga kesultanan di Nusantara yang memang tidak bisa dipungkiri kalau mereka juga telah berjasa dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga kerajaan dan kesultanan akan jauh lebih diperhatikan termasuk akan diberikan operasional.

Dengan adanya perhatian demikian juga tidak akan diselewengkan ataupun digunakan macam-macam oleh pihak kerajaan dan kesultanan, melainkan hanya akan mereka manfaatkan untuk kepentingan pengembangan adat dan kebudayaan, yang mana menjadi ciri khas dari kerajaan dan kesultanan itu sendiri. Sehingga bisa semakin membangkitkan dan mengembangkan akan adat serta kebudayaan Indonesia yang sempat meredup karena perkembangan jaman.

Raja-Raja di Sumbar juga sangat meyakini bahwa Ganjar Pranowo memiliki program khusus untuk para raja dan sultan di Indonesia jika kelak terpilih sebagai Presiden RI, dengan mampu membantu pengembangan ekonomi di kerajaan dengan banyak kegiatan demi kemajuan mereka.

Pasalnya, rekam jejak dan juga pengalaman yang dimiliki oleh sosok pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu selama ini juga sangat diperhatikan, lantaran dirinya mampu dengan berhasil mengembangkan kondisi perekonomian di Jawa Tengah selama masih memimpin.

Dukungan kepada Ganjar Pranowo terus mengalir dari seluruh masyarakat dari berbagai macam kalangan dan elemen, mulai dari akar rumput bahkan juga hingga datang dari para raja, sultan di banyak wilayah di Indonesia, termasuk dari Sumatera Barat (Sumbar). Hal tersebut dikarenakan sosok pemimpin itu mampu terus semakin mengembangkan adat dan kebudayaan di Tanah Air. (Benny Syahputra)