Jumat, 01 September 2023 - 11:34:16 WIB

DAV : Inovasi Kios Interaktif, Dorong Implementasi Smart City dan Smart Society

Penulis : Redaksi
Kategori: TEKNOLOGI - Dibaca: 1755 kali


** Mesin Pintar DAV, solusi Inovatif Kios Interaktif untuk meningkatkan layanan pelanggan di berbagai bisnis dan organisasi

Jakarta - Saat ini mesin kios interaktif telah menjadi salah satu alat yang digunakan untuk bisnis dalam optimasi pelayanan pelanggan dan mulai dikenal masyarakat akan solusi yang ditawarkannya. Berbagai contoh fungsi bagi masyarakat dari inovasi mesin ini adalah self check out di supermarket, self check in di bandara, pembelian barang dari jarak jauh, dan lain-lain. Transformasi digital ini menjadi elemen kunci menuju era smart society dan smart city dengan memberikan dampak signifikan pada cara berbelanja dan bertransaksi.

Salah satu mesin kios interaktif yang telah membawa transformasi layanan pelanggan adalah mesin pintar DAV, besutan WIR Group. Mesin pintar DAV merupakan mesin kios interaktif yang dilengkapi dengan teknologi terdepan didukung teknologi Artificial Intelligence (AI), Augmented Reality (AR), dan Machine Learning. Kombinasi fitur-fitur canggih DAV menjadikannya solusi inovatif yang efektif meningkatkan pelayanan pelanggan di berbagai jenis bisnis. Melalui kemajuan teknologi ini, pengalaman berbelanja dan bertransaksi telah mengalami perubahan yang pesat, membawa manfaat yang nyata bagi pelanggan dan pemilik bisnis.

Selain memudahkan dan mempercepat proses transaksi, mesin pintar DAV juga menawarkan solusi yang berarti dalam pelayanan masyarakat ketika ditempatkan di ruang publik. Misalnya ketika fungsinya ada di bandara, mesin DAV dapat memberikan layanan self-check in dan mengintegrasikan security checkpoint dan boarding gate. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, penempatan mesin pintar DAV menjadi salah satu langkah penting dalam transformasi digital untuk mendorong implementasi smart city.

“Esensi dari penerapan smart city adalah meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik dengan kualitas yang lebih baik guna meraih tujuan kesejahteraan masyarakat. Penempatan mesin pintar DAV menjadi salah satu elemen dari pertumbuhan infrastruktur teknologi. Integrasi mesin pintar DAV menunjukkan komitmen suatu daerah dalam memberikan inovasi menuju era smart city dan smart society. Perkembangan ini akan berdampak pada peningkatan taraf kehidupan penduduk untuk menjadi lebih melek teknologi serta menerapkan standar global,” ungkap Arum Wijayanti, CEO dari DAV.

Dalam sektor retail, mesin pintar DAV telah membuka peluang baru bagi berbagai industri untuk meningkatkan layanan dan interaksi pelanggan. Dengan teknologi AI dan Machine Learning yang terintegrasi di dalamnya, mesin pintar DAV mampu memberikan pengalaman berbelanja yang personal dan disesuaikan dengan preferensi masing-masing konsumen. Misalnya, ketika seorang pelanggan mengakses mesin pintar DAV di toko retail, mesin tersebut dapat merekomendasikan produk berdasarkan riwayat pembelian sebelumnya atau preferensi yang sudah tercatat sebelumnya. Hal ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pelanggan, tetapi juga membantu bisnis meningkatkan penjualan dengan menyajikan penawaran yang lebih relevan.

Di sektor perbankan, mesin pintar DAV juga memberikan manfaat besar dengan menyediakan layanan perbankan untuk pengalaman nasabah yang unik dan menarik. Pelanggan dengan mudah menukarkan point dan reward langsung dengan menggunakan track record dari transaksi banknya. Hal ini memungkinkan bank untuk mengoptimalkan sumber daya mereka dan fokus pada inovasi layanan digital lainnya. Selain itu, mesin pintar DAV juga dapat berfungsi sebagai vending machine untuk penjualan kartu elektronik yang diproduksi perusahaan perbankan. Hal ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang seringkali memerlukan kartu elektronik secara mendesak. Dengan teknologi ini, masyarakat dapat secara mudah mendapatkan akses untuk membeli kartu elektronik.

Arum juga menambahkan, “Solusi teknologi ini juga memungkinkan untuk meningkatkan potensi bisnis di berbagai industri dalam memberikan pengalaman yang menarik bagi konsumen serta menyediakan data dan informasi yang berguna bagi berjalannya operasional bisnis. Mesin pintar DAV diyakini dapat mengumpulkan dan menganalisis sejumlah data dari berbagai sumber, termasuk transaksi penjualan, media sosial, dan faktor pasar eksternal. Dengan menerapkan teknik programming di dalam mesin, pemilik bisnis dapat memperoleh informasi tentang perilaku konsumen, pola demand, dan tren pasar. Informasi ini juga membantu bisnis dalam membuat strategi pasar untuk menargetkan konsumen yang lebih tepat.”

Penerapan mesin pintar kios interaktif menjadi inovasi teknologi dengan manfaat seperti mengubah lanskap perkotaan, meningkatkan kualitas hidup penduduk, dan menetapkan standar global untuk perencanaan kota masa depan. Proses yang efisien dan cepat dari mesin pintar juga dapat menjadi upaya dalam menjaga lingkungan dan mengurangi emisi karbon. “Harapannya pemerintah dan industri di Indonesia juga melihat kebermanfaatan penggunaan mesin pintar kios interaktif yang dapat berdampak positif bagi pertumbuhan dan pembangunan negara. Tidak hanya berdampak positif pada ekonomi, penerapan smart city ini juga dapat berdampak pada perlindungan lingkungan yang sehat,” tutup Arum.