Kamis, 03 Agustus 2023 - 14:28:42 WIB

Jakarta Tuan Rumah Sidang AIPA ke-44, Fokus Kesejahteraan ASEAN

Penulis : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 4902 kali


Jakarta – DKI Jakarta menjadi tuan rumah Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA). Pertemuan parlemen se-ASEAN ini berlangsung selama lima hari sejak 5 hingga 10 Agustus 2023 ini, dengan dihadiri para delegasi dari negara-negara anggota ASEAN membahas isu-isu yang berkaitan dengan tema "Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN."

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana sebelumnya telah menegaskan pentingnya peran ASEAN Inter-Parliamentary Union (AIPA) dalam rangka untuk menjaga stabilitas kawasan ASEAN.

“Kami di Parlemen ingin melengkapi menyempurnakan, bagaimana growth yang tinggi harus dikawal dengan green economy, pertumbuhan yang sustainable atau berkelanjutan. People yang inklusif terlibat dalam pertumbuhan ekonomi dan lingkungan yang terjaga,” tegasnya.

Putu mengingatkan agar jangan sampai terdapat satu negara yang memiliki pertumbuhan tinggi, justru memunculkan ketimpangan.

“Rakyat satu negara di ASEAN itu mungkin tidak mendapatkan benefit dari peningkatan ekonomi, sementara rakyat negara ASEAN lain yang hanya mendapatkan kesejahteraan dari peningkatan ekonomi kawasan ASEAN,” imbuhnya.

Maka, Sidang Umum AIPA ke-44 atau The 44th General Assembly ASEAN Inter-Parliamentary Union (AIPA) di Jakarta pada Agustus 2023 ini nantinya bertujuan agar bagaimana AIPA secara politik dapat mendorong stabilitas kawasan.

“Kita harus mampu secara mandiri mengawal segala permasalahan atau tantangan di kawasan ASEAN ini, untuk menjaga stabilitas politik, keamanan dan juga untuk menjaga kesejahteraan kawasan,” tutur Putu.

Kesuksesan ASEAN dalam mencapai kemakmuran dan kestabilan sangat bergantung pada upaya bersama dan koordinasi antarparlemen wilayah ASEAN. Sejumlah pihak di kota tuan rumah pelaksanaan AIPA pun telah menyiapkan segala pengamanan yang dibutuhkan.

Kepala Biro Umum Setjen DPR RI, Rudi Rochmansyah, bersama Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Korlantas, BAIS, BIN, Paspampres serta pihak manajemen venue telah mempersiapkan pengamanan Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44.

“Biro Umum Setjen DPR RI bersama dengan segenap jajaran aparat keamanan siap mengamankan kedatangan hingga kepulangan delegasi AIPA termasuk negara observer yang akan berkunjung,” ungkapnya.

Sebagai informasi, anggota AIPA sebelumnya terdiri dari lima negara yang memprakarsai, yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina dan Malaysia. Namun saat ini, AIPA sudah memiliki 10 anggota dengan Timor Leste hanya sebagai observer. Pada Sidang Umum ke-44 AIPA ini, Indonesian akan mengusulkan resolusi tentang penerapan Five-Point Consensus untuk dapat diterapkan oleh seluruh parlemen di negara ASEAN.