Selasa, 04 Juli 2023 - 18:04:07 WIB

Kembangkan Sepak Bola Indonesia, Asiana Soccer School Jalin Kerjasama dengan Cerezo Osaka FC

Penulis : Redaksi
Kategori: OLAHRAGA - Dibaca: 1194 kali


* Sejalan dengan penerapan kerjasama tersebut dan visi untuk membina, mendidik dan menciptakan pemain professional yang handal, berkarakter dan berkualitas, Asiana Soccer School nantinya bisa mengirimkan pemain, manajemen dan pelatih untuk berlatih dan melakukan trial dengan klub Cerezo Osaka FC di Jepang.

Asiana Soccer School adalah sebuah wadah pembinaan pesepak bola muda dengan beasiswa penuh yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Dengan visi membangun, mengembangkan dan memberikan pelatihan komprehensif dan profesional kepada pemain muda, Asiana Soccer School telah menemukan, melatih dan mengembangkan karir dari para talenta-talenta para pemain sepak bola muda tanah air. Semenjak diresmikan pada 1 September 2018 oleh Agus Gumiwang Kartasasmita, Edward Lontoh dan Galih Dimuntur Kartasasmita, Asiana Soccer School telah melakukan berbagai negosiasi kemitraan dengan klub sepak bola di Eropa, Amerika dan Asia dan para pelatih professional lainnya di industri guna membuka jalan bagi masa depan pemain muda Indonesia untuk dapat berprestasi di kancah dunia.

Untuk meneruskan napak tilas prestasi dan kinerja yang baik tersebut, pada 29 Juni 2023, Galih Dimuntur Kartasasmita, Presiden Director Asiana Soccer School mengadakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) bersama klub sepakbola ternama di Jepang, yakni Cerezo Osaka FC. Cerezo Osaka adalah klub asal negeri Sakura yang telah mewarnai kompetisi J-League sejak tahun 1995 dan berkontribusi dalam pengembangan sejumlah pemain level elit seperti Shinji Kagawa dan Takumi Minamino yang sama-sama mewakili Jepang di piala dunia. Setelah Jepang, kini proses penandatangan diantara keduanya berlanjut di kota Jakarta, tepatnya di Jade Meeting Room, Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, pada 04 Juli 2023.

“Kolaborasi ini penting guna membuktikan bahwa Asiana Soccer School terus menjalankan visi dan misinya untuk mengembangkan talenta muda berbakat di tanah air ke kancah sepak bola dunia. Kedepannya Asiana Soccer School akan terus mencari bibit-bibit muda pemain sepak bola berbakat di tanah air dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk dapat berlatih dan menunjukkan keahliannya di level internasional," ujar Galih Dimuntur Kartasasmita.

Dalam MoU ini, Asiana Soccer School dan Cerezo Osaka FC nantinya akan bahu membahu mengembangkan ekosistem industri sepak bola di tanah air dalam membentuk pemain-pemain muda berbakat agar mampu berkontribusi di liga internasonal. Nantinya para pemain dari Asiana Soccer School akan terlibat dalam sesi latihan bersama tim Cerezo Osaka Academy dan berkesempatan untuk menjajal keahliannya bermain di Klub Cerezo Osaka. Tak hanya itu, staf manajemen dan pelatih klub Asiana Soccer School juga dapat melihat dan mengikuti beberapa sesi latihan Cerezo Osaka dan sebaliknya.

“Kami berharap dapat berkontribusi untuk meningkatkan level sepak bola di Asia, dengan menjalin kerjasama dengan Asiana Soccer School. Ini akan menjadi klub mitra kedua kami di Asia Tenggara. Dengan membagikan metode kami tentang cara mengembangkan dan memelihara pemain, kami ingin berkontribusi untuk meningkatkan level pemain akademi Indonesia. Kami berharap suatu saat nanti para pemain ini bisa sukses di timnas Indonesia, atau bahkan bermain di Liga-J, untuk membantu menciptakan pemain kelas dunia. Cerezo Osaka juga ingin menggunakan kemitraan ini sebagai peluang untuk meningkatkan merek Cerezo di Asia Tenggara,” ujar Hiroaki Morishima, President Club Cerezo Osaka Co., Ltd.

Masih pada kesempatan yang sama, Asiana Soccer School juga memperkenalkan Zahra Muzdalifah sebagai atlit berbakat pertama mereka yang nantinya akan dikontrak secara professional untuk berlatih dan bermain bersama Cerezo Osaka Yanmar Ladies.

“Tentu ini adalah pengalaman baru untuk saya untuk dapat berlatih dan bermain bersama klub sepak bola ternama di Jepang, Cerezo Osaka Yanmar Ladies. Ini seperti mimpi, mewakili Asiana Soccer School, saya akan membawa nama Indonesia ke kancah industri klub sepak bola Jepang. Dengan kesempatan ini kiranya perjalanan hidup saya akan menjadi lebih bermakna dan tentunya saya berharap pengalaman ini juga akan membentuk karakter dan berguna bagi karir saya kedepannya," kata Zahra Muzdalifah. Sebelumnya, masih bersama Asiana Soccer School, Zahra Muzdalifah sendiri pernah mendapat kesempatan untuk berlatih dan melakukan trial di klub sepak bola asal Inggris, South Shields Ladies.