Sabtu, 13 Mei 2023 - 01:59:12 WIB

Dibawah Kepemimpinan Budi Gunawan, PB ESI Bawa Timnas Esport Menuju Papan Atas Dunia

Penulis : Redaksi
Kategori: OLAHRAGA - Dibaca: 807 kali


Disambut dengan penuh rasa bangga sekaligus rasa haru, prestasi yang telah dicetak oleh Tim Nasional (Timnas) Esports Indonesia mampu meraih 2 medali emas dan 1 medali perak di SEA Games 2023 Kamboja sampai tanggal 12 mei 2023.

Mengenai hal tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Jend Pol (Purn) Budi Gunawan bahkan mengungkapkan bahwa dirinya tidak bisa berkata-kata lagi karena betapa bangganya mengetahui banyak prestasi membanggakan telah diraih Timnas Esports Tanah Air.

Sejauh ini, dukungan maksimal yang terus diberikan oleh PB ESI di bawah kepemimpinan Budi Gunawan akan terus memastikan supaya Esports benar-benar berkembang, sehingga tidak lagi dianggap sekedar menjadi permainan belaka.

Budi Gunawan menuturkan, banyak sekali nilai positif dari olahraga elektronik itu untuk para generasi muda Indonesia. Bahkan dengan Esports, maka memungkinkan untuk bisa mengasah kemampuan generasi muda untuk menciptakan generasi unggulan.

"PB ESI ingin memastikan perkembangan Esports di Tanah Air tidak hanya sekedar menjadi jenis permainan belaka. Akan tetapi harus dikembangkan agar memiliki banyak manfaat lain bagi pembinaan generasi muda. Selain aspek permainan, Esports bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak muda untuk menjadi generasi yang unggul. Demikian pula, Esports kita arahkan menjadi sebuah cabang olahraga baru yang tumbuh pesat bersama potensi ekonomi, sosial, dan budaya yang besar," kata Budi Gunawan.

Diketahui target yang diberikan PB ESI pada SEA Games 2023 adalah 4 emas, 3 perak, dan 1 perunggu.

•• Kesuksesan PB ESI MenghantarkanTimnas Esports Bawa 2 Medali Emas dari SEA Games 2023

Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Budi Gunawan sangat bangga dengan prestasi para atlet e-sports saat SEA Games 2023. Budi Gunawan sangat mengapresiasi setinggi-tingginya pencapaian para atlet e-sports.

“Kami semua atas nama PBESI sangat bangga, terharu, dan sulit diucapkan dengan kata-kata. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan,” kata Budi Gunawan.

Sebagai bentuk apresiasi, PB ESI telah menyiapkan bonus bagi para atlet yang berhasil meraih medali dan mengharumkan nama Indonesia di panggung dunia.

Diketahui timnas esport Putra dan Timnas esport Putri berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. Timnas esport putra yang dipimpin oleh Baskoro Dwi “roseau” Putra selaku pelatih sukses mendulang emas di ajang SEA Games 2023 Kamboja setelah melewati drama panjang dengan Timnas Singapura dilaga final.

Sementara itu, Pada pertandingan Mobile Legend yang menegangkan, Timnas Esport Putri sempat tertinggal dengan skor 2-1. Namun mental juara pada Tim yang beranggotakan Fumi, Viorelle, Michelle, Vivi, Cindy, Isna dan Violett sama sekali tidak gentar hingga berhasil membalikan keadaan, menang dengan Skor 3-2.

Sebagai tambahan informasi, Esport atau Elektronik Sport layak disebut sebagai olahraga karena pengoperasian gamesnya menggunakan tenaga dan pikiran manusia, selayaknya cabang olah raga lain.

Saat ini anak-anak muda atlet Esport dari Kontingen Indonesia berada dibawah asuhan PBESI, Pengurus Besar Esport Indonesia yang dipimpin Budi Gunawan.

Baik dalam ajang nasional dan internasional, Esport sejak 2014 oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat. Sehingga cabang ini dapat diandalkan sebagai kekuatan baru untuk Indonesia menambah pundi-pundi medali bagi Indonesia kedepannya.