Selasa, 09 Mei 2023 - 15:19:45 WIB

Tamu Delegasi KTT ASEAN ke-42 Gunakan Mobil Listrik Super Canggih

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 1168 kali


KTT ASEAN ke – 42
pada 2023 sedang berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Indonesia memegang keketuaan ASEAN tahun ini setelah menerima tongkat estafet dari Kamboja pada 2022 lalu.

Selama rangkaian event KTT ini, pemerintah Indonesia menyediakan mobil listrik canggih dari BMW Indonesia, yakni BMW iX, yang digunakan para Presiden dan Perdana Menteri negara-negara peserta KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyatakan apresiasinya terhadap dukungan tersebut dalam penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 ini.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BMW Indonesia untuk kolaborasi ini. Kami senang dapat menyediakan pengalaman berkendara ramah lingkungan untuk seluruh pemimpin negara ASEAN dengan BMW iX. Selain full listrik, kendaraan ini juga menggunakan bahan daur ulang dan energi terbarukan dalam proses produksinya," ungkap Setya Utama.

Sementara itu, President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan menyampaikan, BMW Indonesia selalu berkomitmen untuk mendukung dan menjadi bagian aktif dalam ragam kegiatan kenegaraan pemerintah Indonesia, termasuk penyelenggaraan KTT ASEAN SUMMIT dengan tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. Khususnya sebagai Sustainable Mobility Partner.

“BMW menghadirkan kendaraan full listrik yang ramah lingkungan dan hadirkan inovasi terdepan,” kata Ramesh.

Sebelumnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyerahkan Toyota bZ4X yang merupakan kendaraan dengan teknologi battery electric vehicle (BEV) kepada Kementerian Sekretariat Negara sebagai bagian kendaraan resmi untuk anggota delegasi dari berbagai negara. Sebanyak 65 unit bZ4X digunakan pada KTT ASEAN Seri 1 di Labuan Bajo, NTT.

Disisi lain, Pertamina Patra Niaga Jawa Timur Bali Nusa Tenggara (Jatimbalnus), juga memastikan pasokan kebutuhan energi guna mendukung kelancaran pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Dwi Puja Ariestya menyatakan bahwa pihaknya menyediakan energi, baik untuk avtur maupun energi kendaraan yang akan turut serta saat pelaksanaan KTT ASEAN.

“Pelaksanaan KTT G20 2022 di Bali menjadi modal kuat agar dapat menyukseskan KTT ASEAN,” tambah Dwi.

KTT ke-42 ASEAN Summit berlangsung selama tiga hari sejak 9-11 Mei 2023. Kegiatan tersebut digelar di beberapa venue seperti Hotel Meruorah, Hotel Ayana, dan Puncak Waringin.

Terlihat sejumlah titik tempat pameran UMKM untuk dilihat para tamu delegasi. KTT ASEAN ini diyakini mambawa dampak dan manfaat yang sangat besar bagi warga lokal.