Kamis, 02 Maret 2023 - 02:15:09 WIB

JIP dan Universitas Telkom MoU Akselerasi Transformasi Digital Dan Penyelenggaraan Akademis

Penulis : Redaksi
Kategori: DIDAKTIKA - Dibaca: 1245 kali


** PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) gandeng Telkom University dalam mendukung tri dharma perguruan tinggi serta akselerasi transformasi digital teknologi, informasi, dan komunikasi melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama JIP, Araf Anbiya dan Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si Di Telkom University, Bandung (28/2).


PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), selaku anak usaha dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Perseroda yang bergerak di bidang teknologi informasi, komunikasi dan telekomunikasi menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Telkom untuk hadirkan terobosan teknologi dalam mendukung tri dharma perguruan tinggi serta akselerasi transformasi digital teknologi, informasi, komunikasi.

Kerja sama itu tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama JIP, Araf Anbiya dan Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si di Gedung Bangkit, Telkom University, Bandung (28/2/2023). Acara penandatangan turut disaksikan oleh Management JIP, Jajaran Wakil Rektor, Direktur PPM, Direktur Akademik, dosen serta sivitas akademika.

Araf Anbiya mengungkapkan kerja sama yang dijalin juga merupakan salah satu upaya memajukan industri telekomunikasi. ”Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Infrastruktur telekomunikasi, Tower, Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT), Micro Cell Pole (MCP), Information and Communication Technologies (ICT) dan Bisnis Digital, JIP memiliki komitmen untuk turut memperkuat ekosistem Telco dan ICT Indonesia sekaligus berkontribusi dalam akselerasi transformasi digital dan penyelenggaraan akademis di Indonesia”ungkap Araf.

"Kerja sama ini diharapkan bisa memberikan kontribusi positif tidak hanya dari segi bisnis, namun juga terhadap penyelenggaraan akademis perguruan tinggi sehingga dapat mendorong munculnya sumber daya yang siap bersaing dalam bisnis digital dan industri telekomunikasi di Indonesia maupun global. Kami memiliki tenaga ahli ataupun para praktisi yang memang telah berpengalaman dan berkompetensi, sehingga kita harapkan bisa terjalin suatu sinergi pertukaran informasi untuk memperkuat pendidikan dari sisi praktis" ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya, berharap kerjasama yang berlangsung antara Tel-U dan JIP dapat memberikan kebermanfaatan tidak hanya bagi kedua institusi, namun lebih luas bagi bangsa ini, khususnya kontribusi di bidang teknologi informasi.

”Beragam kerjasama di bidang akademis, Kolaborasi Riset, Pengembangan Produk Inovasi, dan Pengabdian Masyarakat (CSR) itu dapat segera kita implementasikan. Sebagai kampus yang unggul di bidang ICT, relevansi antara JIP dan Tel-U cukup erat. Sehingga beragam kontribusi bagi negeri, terkait akselerasi transformasi digital teknologi, informasi, komunikasi, dapat kita berikan sebaik mungkin.” ungkap Adiwijaya.

Adapun ruang lingkup kerjasama lainnya meliputi pelaksanaan program-program kegiatan bidang penidikan, penelitian, dan pemberdayaan sumber daya manusia demi mendukung pembangunan dan pendidikan di Indonesia. Sementara, ruang lingkup secara bisnis meliputi penempatan infrastruktur telekomunikasi dan jaringannya; potensi kerja sama terkait bisnis Internet of Things (IoT).