Senin, 20 Februari 2023 - 07:25:07 WIB

Juara Putaran Dua, Budi Gunawan Sosok Penting Torehan Prestasi Tim Jakarta BIN Juarai Proliga 2023

Penulis : Redaksi
Kategori: OLAHRAGA - Dibaca: 956 kali


Kepala BIN, Jend. Pol (Purn) Budi Gunawan merupakan sosok penting di balik keberhasilan Tim Voli Jakarta BIN menjuarai Proliga 2023 pada putaran dua.

Ajang kompetisi PLN Mobile Proliga 2023 putaran dua seri pamungkas di GOR UNY Yogyakarta, 16-19 Februari, kurang bersahabat dengan tim bola voli putri Jakarta Pertamina Fastron. Dua laga yang dijalani oleh tim asuhan Eko Waluyo itu berakhir dengan kekalahan, sehingga mereka gagal menjuarai putaran kedua.

Kekalahan terakhir yang diterima Yolla Yuliana dan kawan-kawan adalah dari tim yang sudah tidak lolos ke final four yakni Jakarta Elektrik PLN dengan skor telak 0-3 (15-25, 21-25, 23-25) pada Minggu.

Pada laga pertama, Jakarta Pertamina Fastron harus menyerah dari Jakarta BIN 2-3 (22-25, 25-20, 25-16, 20-25, 9-15). Kekalahan ini juga membuat posisi juara putaran dua yang sudah di depan mata harus terlepas dari Jakarta BIN. Dalam klasemen akhir putaran kedua, Jakarat BIN mengemas nilai 11 dari 5 laga. Pertamina Fastron ada di posisi kedua denga nilai 9 dari 5 laga.

Untuk diketahui, Badan Intelijen Negara (BIN) melalui Persatuan Olahraga BIN atau Porbin membentuk dua tim bola voli binaan yakni Tim Putri Jakarta BIN dan Tim Putra Surabaya BIN Samator.

Menurut Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., pembentukan kedua tim tersebut merupakan wujud dari komitmen BIN terhadap perkembangan olahraga di Indonesia.

"Pada tahun ini kita mulai memberikan perhatian khusus pada pengembangan olahraga. Karena kita ingin ada upaya lagi merintis kembalinya masa kejayaan olahraga prestasi Tanah Air," ungkap Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan dalam keterangan tertulis.

Pembina Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara (PORBIN), Jend Pol (Purn) Budi Gunawan mengaku bahwa pihaknya sudah menghimpun para atlet dan pelatih terbaik nasional untuk bergabung dalam Tim Putri Jakarta BIN dan Tim Putra Surabaya BIN Samator.

"Semua cabang yang dikembangkan di BIN tersebut telah memiliki atlet dan pelatih profesional. Kita menggalang potensi atlet dan pelatih terbaik di tingkat nasional untuk terlibat menciptakan ekosistem pengembangan olahraga prestasi di BIN. Sehingga potensi talenta-talenta terbaik di lembaga ini bisa dikembangkan, Alhamdulillah kita melihat peluang besar untuk mengharumkan nama Bangsa di kancah internasional melalui jalur olahraga ini," pungkas Kepala BIN, Budi Gunawan.