Senin, 21 November 2022 - 10:45:20 WIB

Enam Academia Terbaik Telah Terpilih Melaju ke Babak Top 6 D’Academy 5

Penulis : Redaksi
Kategori: MUSIK DAN FILM - Dibaca: 763 kali


Kompetisi di babak Top 8 D’Academy 5 telah menampilkan delapan academia dengan kemampuan vokal terbaik yang terbagi menjadi dua grup. Semalam (20/11) Sridevi (Prabumulih), Caca (Padang), Mardon (Rokan Hulu), dan Jaya (Tanjungbalai) dari Grup 2 menjadi academia terakhir yang memperebutkan tiga tiket terakhir menuju babak Top 6 D’Academy 5 lewat Konser Top 8 Result D’Academy 5 Grup 2. Sebelumnya Afan (Jakarta Barat), Hasby (Gowa), dan Eby (Bima) dari Grup 1 telah lebih dulu memastikan diri menuju babak Top 6 D’Academy 5. Sementara Ica (Pinrang) menjadi academia yang harus tersenggol dari Grup 1. Berbeda dengan babak sebelumnya, di babak Top 8 D’Academy 5 keempat academia dari masing-masing grup mendapat tantangan untuk berduet dengan musisi terbaik tanah air.

Kesuksesan Sridevi (Prabumulih) pada Konser Show sebelumnya dan sukses menyabet predikat academia terbaik dari Grup 2 semakin memacu semangatnya untuk memberikan penampilan yang lebih baik lagi di Konser Result semalam. Sebagai academia pertama yang membuka kompetisi, Sridevi tampil duet bersama Dul Jaelani dengan iringan piano lewat lagu “Ku Tak Mengukur Dalam”. Soimah, Nita Thalia, Nassar, dan Fomal tidak ragu untuk memberikan standing ovation untuk penampilan Sridevi (Prabumulih) bersama Dul Jaelani. “Jujur saya tadi sangat menikmati penampilan kalian seperti menyaksikan sebuah konser bukan kompetisi. Aura kalian luar biasa sekali”, puji Soimah. Dewi Perssik menjadi satu-satunya Dewan Juri yang tidak memberi standing ovation menyampaikan alasannya. “Saya tidak berdiri bukan berarti tidak suka dengan suara kamu. Tapi menurut saya tadi kamu masih kurang eye contact dengan Dul”, ujar Dewi Perssik. Dul Jaelani sendiri memuji penampilan Sridevi (Prabumulih). “Sridevi ini sudah memiliki teknik vokal dan penjiwaan yang sangat baik dan sangat enak didengar dan dinikmati penampilannya ketika berkolaborasi dengannya”, tutur Dul Jaelani.

Lagu “Mata Air Cinta” yang dinyanyikan Mardon (Rokan Hulu) ketika tampil berkolaborasi dengan Duo Percussion hanya mampu meluluhkan hati Nassar dan Fomal untuk memberikan standing ovation. “Saya tahu tadi ada sedikit kesalahan yang kamu lakukan tapi bagi saya masih sangat dapat dinikmati. Semoga kamu dapat rezeki untuk bisa masuk sampai 3 besar”, harap Nassar. Soimah mengaku masih belum puas dengan penampilan Mardon (Rokan Hulu) semalam. “Duo Percussion luar biasa sekali bisa menambah warna dari penampilan Mardon. Akan tetapi saya masih belum puas dengan penampilan Mardon kali ini. Seharusnya tadi Mardon jauh lebih ekspresif ketika ikut memainkan perkusi”, pungkas Soimah.

Giliran Jaya (Tanjungbalai) yang tampil berkolaborasi dengan Saxx In The City lewat lagu “Sekedar Bertanya”. Wali Kota Tanjungbalai yakni Bapak H. Waris Tholib, S.Ag, MM juga berkesempatan hadir langsung di Studio 5 Indosiar untuk menyaksikan penampilan Jaya (Tanjungbalai). Tiga standing ovation berhasil diraih oleh Jaya (Tanjungbalai) dari Nassar, Nita Thalia, dan Fomal. “Tadi itu ada beberapa nada yang lumayan susah tapi kamu tetap bisa mengatasinya dengan baik. Kamu itu penyanyi yang cerdas menurut saya”, komentar Nassar. Sementara Soimah menilai penampilan Jaya (Tanjungbalai) seperti menyerah sebelum berperang dan terlihat seperti kurang energi.

Caca (Padang) menjadi academia terakhir yang tampil di Konser Result semalam menyanyikan lagu “Mimpi Terindah” berkolaborasi dengan Hendri Lamiri, Tabita, dan Sendu Musik yang memainkan alat musik biola. Kali ini Nassar, Nita Thalia, dan Fomal kembali memberi standing ovation untuk penampilan Caca (Padang). “Kamu beruntung sekali bisa berkolaborasi dengan Hendri Lamiri, Tabita, dan Sendu Musik. Koreksi saya dengan Soimah sama, ada beberapa bagian lagu yang tidak sesuai temponya. Sebenarnya penjiwaan kamu juga sudah baik. Semoga kamu masih dapat rezeki untuk lolos ke babak selanjutnya”, tutur Dewi Perssik.

Di akhir Konser Top 8 Result D’Academy 5 Grup 2, host mengumumkan bahwa Sridevi (Prabumulih) berhasil meraih polling tertinggi sekaligus memastikan diri untuk melaju ke babak Top 6 D’Academy 5. Dewan Juri sepakat untuk menyelamatkan Mardon (Rokan Hulu) dan menyusul Sridevi (Prabumulih). Perolehan polling akhir menentukan kelanjutan perjuangan Jaya (Tanjungbalai) dan Caca (Padang). Polling akhir menempatkan Caca (Padang) di posisi terendah. Dengan demikian Caca (Padang) harus tersenggol dan menghentikan perjuangannya di panggung D’Academy 5.

Sebanyak 6 academia terbaik telah terpilih untuk melanjutkan kompetisi di babak Top 6 D’Academy 5 dengan tantangan yang jauh lebih menarik. Pada Konser Show, academia ditantang untuk berkolaborasi dengan juara dari D’Academy atau LIDA (Liga Dangdut Indonesia). Sementara di Konser Result, academia akan tampil dengan konsep drama musical. Afan (Jakarta Barat), Eby (Bima), dan Hasby (Gowa) dari Grup 1 akan mengawali kompetisi di Konser Top 6 Show D’Academy 5 Grup 1 malam nanti Senin, 21 November 2022 pukul 20.00 WIB. Afan (Jakarta Barat) akan berkolaborasi dengan Ical Majene, Eby (Bima) berkolaborasi dengan Faul Gayo, dan Hasby (Gowa) berkolaborasi dengan Selfi Yamma.

Saksikan terus babak Top 6 D’Academy 5 LIVE pukul 20.00 WIB hanya di Indosiar, Luar Biasa!