Senin, 14 November 2022 - 10:11:52 WIB

Peran Media Massa Kawal Isu Prioritas G20 Indonesia

Penulis : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 469 kali


Acara puncak KTT G20 pada 15-16 November mendatang di Bali, pastinya akan diliput ribuan jurnalis dari berbagai kanal media, baik lokal maupun asing. Media massa lokal maupun asing berperan mengawal tiga isu prioritas G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transisi energi, dan transformasi digital.

"Ketiga isu ini membutuhkan kerja sama dan kolaborasi semua pihak agar berhasil, tidak hanya peran dari pemerintah. Media dapat mengangkat isu-isu ini agar masyarakat memahami apa yang dibahas dalam pertemuan-pertemuan G20 dan mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam isu-isu tersebut," kata Dilla Amran selaku Tim Strategi Komunikasi Kantor Staf Presiden (KSP), Minggu (13/11/2022).

Indonesia memiliki sumber daya manusia (SDM) profesional yang bergerak di bidang itu dan bisa mengakses dana tersebut untuk saling belajar dengan negara-negara lain.

"Peran media di sini adalah untuk mewartakan tentang pandemic fund ini, agar para profesional ini tergerak untuk berpartisipasi aktif di situ," ujarnya.

Senada, Direktur Information Technology Telkomsel, Bharat Alva mengatakan, Telkomsel selalu memberikan kontribusi pada penyelenggaraan G20 2022 di Indonesia, salah satunya diwujudkan melalui aplikasi G20 Connect, yang menjadi hub bagi setiap informasi rangkaian kegiatan dari presidensi Indonesia di G20.

"Kami harap, G20 Connect dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan, serta pengalaman digital berkualitas bagi seluruh delegasi dalam mengakses ragam informasi terkini dan rangkaian kegiatan G20, sekaligus menunjukkan berbagai potensi dan peluang kemajuan di Indonesia,” ungkapnya.

Fitur Latest News dan Gallery menghadirkan informasi terbaru seputar presidensi Indonesia di G20 serta kegiatan yang dilakukan, melalui format artikel, gambar, maupun video. G20 Connect juga menerbitkan siaran pers yang dapat menjadi rujukan rekan-rekan media dalam memuat pemberitaan seputar G20 2022.

Aplikasi G20 Connect juga menjadi wadah dalam menunjukkan berbagai potensi Indonesia, mulai dari segi teknologi hingga pariwisata.

“Telkomsel memastikan bahwa aplikasi G20 Connect dapat menjadi pusat informasi seputar G20 2022 yang terpercaya dan senantiasa update berkat kolaborasi yang dilakukan dengan berbagai pihak, khususnya bersama dengan pemerintah sebagai sumber utama dari setiap informasi yang disajikan," pungkas Bharat.