Minggu, 30 Oktober 2022 - 04:45:22 WIB

4 Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Saat Bikin Konten Foto di Malam Hari

Penulis : Redaksi
Kategori: TEKNOLOGI - Dibaca: 721 kali


Tren hunting foto di malam hari kini makin diminati. Pasalnya, ada banyak momen seru maupun objek menarik yang kalau diabadikan di malam hari bakal jadi konten yang estetis, seperti konser musik, olahraga, kulineran hingga gedung bertingkat maupun suasana jalan raya. Selain menawarkan keindahan permainan cahaya, motret di malam hari juga menghadirkan tantangan tersendiri karena minimnya sumber cahaya yang bisa bikin foto jadi banyak noise-nya. Dengan kualitas yang kurang jernih atau warna yang tidak detail, tentunya hasil jepretan foto jadi kurang maksimal.

Untuk mengatasi masalah tersebut dan mendapatkan konten terbaik di malam hari, kamu nggak perlu buru-buru beli kamera profesional, tapi cukup pilih smartphone yang tepat. Dalam hal ini, Galaxy A23 5G bisa jadi pilihan untuk mendapatkan foto malam hari yang lebih jernih berkat kamera dan berbagai fitur penunjang Awesome yang dimilikinya.

Setelah memilih Galaxy A23 5G sebagai smartphone yang tepat untuk ambil foto di malam hari, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu hindari saat capture momen di kondisi low light supaya hasil kontennya makin Awesome:

• Memakai flash sembarangan

Flash pada smartphone biasanya digunakan untuk mendapatkan foto yang lebih terang di malam hari. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakannya, salah satunya jarak. Hindari pakai flash untuk capture objek yang dekat karena nanti hasilnya jadi overexposure. Ada baiknya, atur jarak sekitar 2 meter antara smartphone dengan objek yang difoto supaya sinar flash terpancar merata. Tips ini bisa kamu pakai saat mau ambil photo group saat nongkrong di malam hari atau foto OOTD.

Fungsi flash tentunya bisa kamu temukan di Galaxy A23 5G dengan sistem kamera yang lengkap yang akan menyempurnakan hasil foto pada malam hari. Selain flash, kamu juga bisa menemukan Ultra Wide Camera 5MP yang bisa kamu manfaatkan saat mengambil cityscape secara utuh, Depth Camera 2MP untuk bikin foto night portrait dengan efek bokeh yang rapih, dan Macro Camera 2MP yang bisa capture makanan atau minuman agar tetap jelas di kondisi low light sekalipun.

• Tidak memaksimalkan fitur Night Mode dan Pro Mode

Smartphone kekinian memungkinkan kamu untuk mengambil foto di malam hari dengan berbagai mode. Jangan langsung puas melihat hasil foto pakai mode Auto di Galaxy A23 5G, soalnya ada fitur camera lainnya yang siap dieksplor supaya hasil fotonya lebih sesuai dengan sesuai seleramu. Dalam hal ini, Galaxy A23 5G punya Night Mode dan Pro Mode yang bisa dimaksimalkan untuk mengabadikan tiap momen menarik di malam hari dengan hasil yang Awesome.

Night Mode bisa kamu maksimalkan untuk mendapatkan foto low light yang bening secara instan dengan sekali tap. Cocok banget buat kamu yang tidak mau ketinggalan momen begitu mendapat komposisi cahaya lampu warna-warni yang pas maupun spot unik di kafe favorit.

Kalau mau lebih leluasa mengatur pencahayaan ataupun nuansa warna foto supaya lebih sesuai dengan kondisi yang ada, kamu bisa pakai Pro Mode untuk atur ISO, white balance, hingga shutter speed secara manual. Selain hasil foto yang lebih sesuai selera, mode ini berguna saat kamu mau ambil foto di kondisi yang lebih gelap atau capture benda-benda yang bergerak. Untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil lebih profesional,

• Buru-buru bergerak setelah tekan tombol shutter

Saat ambil foto di malam hari, smartphone cenderung butuh waktu lebih lama untuk menangkap cahaya ketimbang di siang hari. Jadi ketika menggunakan Night Mode atau Pro Mode, kamu harus tetap steady setelah memencet tombol shutter agar foto yang dihasilkan tetap jernih dan tidak blur. Tapi, bagaimana kalau kita punya tangan yang tremor atau shaky? Dalam hal ini, teknologi OIS yang sudah tersedia di kamera Galaxy A23 5G jadi solusinya.

Fitur OIS mampu meminimalkan dampak guncangan dari tangan pengguna yang gemetar atau bergerak terhadap kamera smartphone untuk menjaga ketajaman hasil foto yang ditangkap. Selain itu, OIS juga membantu perangkat untuk bisa menangkap lebih banyak cahaya saat digunakan untuk mengambil foto di malam hari, jadi kamu bisa mendapat konten yang lebih cerah di kondisi low-light sekalipun. Dengan OIS, hasil tangkapan Night Mode pada Galaxy A23 5G jadi lebih jernih dan detail.

• Posting foto low-light yang berkualitas rendah tanpa diedit

Tidak dipungkiri, dengan kondisi pencahayaan yang minim, seringkali bikin hasil foto low light jadi agak blur, banyak noise di beberapa titik, hingga warnanya seperti tidak keluar. Jangan pasrah aja terus langsung di-posting di sosmed. Supaya konten malam hari kamu bisa tetap estetis, edit foto kamu untuk memperbaiki kekurangan, misalnya mengubah nuansa warnanya agar lebih dramatis atau menyamarkan noise. Dalam hal ini, kamu bisa edit foto dengan mudah tanpa aplikasi tambahan menggunakan fitur-fitur di Galaxy A23 5G. Editing tools bawaan yang tersedia di Gallery ini memungkinkan kamu untuk memasang filter serta mengatur brightness, exposure, contrast, hingga saturation untuk mendapatkan tone yang lebih ideal, sehingga hasil foto jadi lebih sesuai dengan keinginan kamu. Kalau mau explore lebih jauh, kamu bisa pakai aplikasi photo editing seperti PicsArt dan VSCO untuk pakai preset yang tersedia.

Apa pun cara yang dipilih, kamu bisa edit foto dengan lancar pakai Galaxy A23 5G. Pasalnya, kehadiran Snapdragon 695 sebagai prosesor terdepan di kelasnya membuat perangkat ini menghadirkan performa optimal untuk berbagai kebutuhan, termasuk edit foto tanpa lag. Hal ini didukung RAM besar 6GB untuk pindah-pindah dari aplikasi photo editing, gallery, dan browser untuk cari inspirasi dengan smooth. Selain itu, storage besar 128GB yang bisa ditambah hingga 1TB bikin kamu bisa simpan berbagai foto yang diambil dan beragam aplikasi photo editing favorit tanpa khawatir memori akan cepat habis.

Tak ketinggalan, Galaxy A23 5G juga mengusung baterai besar 5.000mAh yang tahan lama lengkap dengan teknologi Adaptive Power Saving yang bikin konsumsi baterai jadi lebih hemat lagi, jadi kamu bisa puas edit foto tanpa khawatir baterai cepat habis. Apalagi, ada 25W Fast Charging yang bikin Galaxy A23 5G bisa cepat digunakan lagi untuk menemani kamu melanjutkan aktivitas setelah beres edit foto.

“Samsung memahami bahwa anak-anak muda maunya bikin konten kapan saja dan di mana saja, termasuk di malam hari. Namun, dengan pencahayaan yang lebih minim, ambil foto di malam hari jadi lebih sulit dibanding saat siang hari, sehingga kamu perlu device yang mumpuni supaya tetap bisa bikin konten yang menarik di malam hari. Maka dari itu, Samsung hadir dengan Galaxy A23 5G yang punya kamera resolusi tinggi 50MP yang sudah disertai OIS, Night Mode dan juga Pro Mode, jadi kamu bisa bebas capture momen di malam hari dengan hasil yang Awesome, sesuai dengan seleramu. Apalagi, Galaxy A23 5G juga punya baterai 5.000mAh dan memori 128GB yang besar, bikin ngonten lebih puas, tanpa takut baterai dan memori cepat habis,” ujar Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.