Rabu, 05 Oktober 2022 - 18:40:58 WIB

Kuliah Umum Presiden RI Ke-5 Megawati Soekarnoputri di Seskoal

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 257 kali


Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal angkatan ke-60 mendapatkan kesempatan berharga menerima Kuliah Umum dari Presiden Republik Indonesia ke-5 Prof. Dr.(H.C.) Hj. Megawati Soekarnoputri, di Auditorium Gedung Yos Soedarso, Markas Komando (Mako) Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (04/10/22).

Kedatangan Megawati Soekarnoputri yang didampingi oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIB) Bapak Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bapak DR. Laksana Tri Handoko, M.Sc. dan Bapak DR. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M., disambut hangat oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dan Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP. Ibu Soekarnoputri Megawati Soekarnoputri tiba di Seskoal disambut dengan Jajar Kehormatan dan Valreep sebelum memberikan Kuliah Umum kepada 182 Pasis Dikreg Seskoal angkatan ke-60 T.A. 2022 di Auditorium Gedung Yos Soedarso Seskoal. Kuliah Umum tersebut mengangkat tema “Pentingnya arah kebijakan pembinaan Ideologi Pancasila bagi seluruh masyarakat Indonesia”.

Megawati Soekarnoputri menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya pembinaan Ideologi Pancasila dalam kehidupan Prajurit TNI Angkatan Laut, perkembangan Geopolitik di kawasan dan dunia serta postur pertahanan masa depan. “Dengan adanya Doktrin TNI maka kekuatan pertahanan Indonesia dirancang untuk mampu mewujudkan kepentingan bangsa, juga dapat membela kemerdekaan bangsa-bangsa yang tertindas. Dengan demikian kekuatan TNI mampu bertindak ke dalam untuk menjaga kedaulatan bangsa dan keluar untuk turut menjaga perdamaian dunia” ungkap Megawati Soekarnoputri saat menyampaikan kuliah umumnya.

Kegiatan Kuliah Umum tersebut diakhiri dengan pemberian Plakat dari Danseskoal kepada Megawati Soekarnoputri dan foto bersama. Hadir pada kegiatan tersebut selain 182 Pasis Dikreg Seskoal angkatan ke-60, juga hadir para Pejabat Utama Seskoal dan para Dosen Seskoal. Hadir pula beberapa Pejabat Mabesal, diantaranya Koorsahli Kasal, Asrena Kasal, Asintel Kasal, Aspers Kasal, Kadispenal, Kadisdikal, Kadisjarahal dan Kadisbintalal. Selama pelaksanaan kegiatan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.