Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:55:30 WIB

Kesiapan Infrastruktur dan Keamanan Jelang Pembukaan Event P20

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 340 kali


Anggota BKSAP DPR RI, Irine Yusiana Roba Putri menyatakan bahwa ajang P20 merupakan sebuah gelaran yang sangatlah bergengsi. Maka dari itu Indonesia sendiri akan benar-benar menunjukkan bagaimana kemampuannya dalam memimpin dan menyelenggarakan forum dengan sangat baik, termasuk juga bagaimana kontribusi untuk kepentingan nasional dalam diskusi internasional.

Beberapa persiapan pun juga dilakukan, salah satu persiapan yang dilakukan adalah pada segi infrastruktur demi bisa menyambut seluruh tamu delegasi dengan baik. DPR RI menggencarkan pengaspalan jalan di kompleks parlemen dan juga dilakukan beberapa perbaikan pada sejumlah gedung dan ruangan.

Irine menambahkan bahwa terdapat pula perbaikan pada beberapa bagian interior, utamanya yang memang menjadi Ruang Rapat Paripurna dan venue utama P20. Seluruhnya sudah dipersiapkan dengan sangat detail mulai dari bagaimana hal teknisnya. Semua itu demi bisa memberikan kenyamanan dan juga menjamin bahwa gelaran P20 di Jakarta menjadi pertemuan yang sangat berkualitas untuk seluruh delegasi.

Terkait aspek keamanan sendiri, menurut anggota BKSAP tersebut, DPR sudah sangat siap dan akan mampu mengkondisikan dengan sebaik mungkin. Bagaimana tidak, pasalnya Indonesia juga sempat menjadi tuan rumah dalam forum global, yakni tatkala pergelaran Inter-Parliamentary Union ke-144 dan nyatanya memang DPR RI mampu dengan sukses besar melaksanakannya meski di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menjelaskan kepada para perwakilan Duta Besar terkait protokol acara Sidang The 8th G20 Parlementary Speakers Summit atau P20.

Menurutnya, Protokol pelaksanaan penting diinformasikan kepada peserta sidang P20 mengenai mekanisme dan prosedur pelaksanaan P20.

“Kami jelaskan protokol acara tersebut mulai dari kehadiran di airport sampai dengan kepulangan, mekanisme persidangan-persidangan, sampai dengan cara-acara di luar persidangan. Jadi kami jelaskan semua mekanismenya, kemudian prosedur-prosedur yang harus dilakukan supaya kalau ada yang kurang jelas bisa diklarifikasi sekarang,” jelas Indra

Indra juga menjelaskan tentang jaminan keamanan untuk pelaksanaan P20 yang diselenggarakan di Senayan. Pihaknya akan bekerja sama dengan TNI, Polri, dan Badan Intelejen Negara (BIN) guna menjamin keamanan pelaksanaan P20 pada hari rabu hingga jumat (5-7 oktober 2022)

“Untuk jaminan keamanan kami bekerjasama dengan TNI, Polri, dan Badan Intelejen Negara untuk meminta bantuan dalam sisi pengamanan kegiatan ini,” ungkapnya.