Jumat, 12 Agustus 2022 - 15:39:47 WIB

Lomba Pembersihan Sungai "Festival Ciliwung Kopassus 2022"

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 468 kali


Dalam rangka memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2022 dan Hari Sungai Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Juli, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menyelenggarakan Festival Ciliwung Kopassus 2022 dengan mengadakan Lomba Pembersihan Sungai dan Lomba Memancing di Sungai Ciliwung yang berada di belakang Ksatrian Ahmad Yani Cijantung.

Lomba Pembersihan Sungai Ciliwung yang dilaksanakan pada hari Jumat (12/08/22), diikuti oleh prajurit Kopassus dan warga masyarakat dari 8 (delapan) desa binaan yang berada di sekitar Asrama Kopassus Cijantung. Prajurit Kopassus bersama-sama dengan Warga menyusuri sungai Ciliwung menggunakan perahu karet dan berlomba-lomba membersihkan Sungai Ciliwung dari sampah khususnya sampah non organik.

Pembersihan sungai Ciliwung ini dilaksanakan di sepanjang area festival kurang lebih 1 km dari 5 km panjang sungai Ciliwung yang berbatasan langsung dengan Asrama Kopassus Cijantung. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar sama-sama peduli terhadap lingkungan Sungai Ciliwung dalam upaya-upaya turut melestarikan alam Indonesia.

Acara ini diinisiasi oleh Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan S.E., M.M. dan dihadiri oleh Dangrup 3 Kopassus Kolonel Inf Donny Pramono, Asisten Teritorial Kopassus Letkol Inf Irfan Amir, Wadangrup 3 Kopassus Letkol Inf Nur Wahyudi dan Kepala Bidang Operasi Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Bapak Jaya Sampurna. Selain pejabat militer juga hadir ke 8 Lurah yang warganya turut berpartisipasi yaitu Lurah Pekayon, Lurah Baru, Lurah Gedong, Lurah Kalisari, Lurah Ciracas, Lurah Susukan, Lurah Tanjung Barat dan Lurah Lenteng Agung.

Di akhir acara Lomba Pembersihan Sungai Ciliwung, diperoleh total Sampah Non Organik yang berhasil dikumpulkan seberat hampir 5 ton dan disaksikan langsung oleh Kabid Operasional BBWS Ciliwung Cisadane, Dangrup 3 Kopassus, Aster Kopassus dan seluruh Lurah yang hadir. Lomba ini akhirnya dimenangkan oleh Tim dari Kelurahan Lenteng Agung bersama anggota Sat 81 Kopassus. Acara Lomba berjalan aman, lancar dan meriah. Para peserta tampak antusias dan semangat mengumpulkan sampah-sampah yang hari itu mereka temukan di bantaran Sungai Ciliwung.