Jumat, 01 Juli 2022 - 01:00:32 WIB

Seskoal Gelar Diskusi Manajemen & Logistik, Dukung Tugas Pokok Logistik TNI AL

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 193 kali


Sejumlah 183 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-60 TA 2022 menggelar forum Diskusi Antar Kelompok (DAK) Bidang Studi Kasus Manajemen dan Logistik di Ruang Kelas A Gedung R.E. Martadinata, Kelas C dan Kelas D Gedung OB Syaaf, serta JOPR Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (30/6).

Ke 183 orang Pasis Dikreg ini terdiri dari 163 TNI AL, 2 orang Pasis AD, 2 orang Pasis AU, 7 orang Pasis Polri dan 9 orang Pasis dari negara sahabat (Australia, Singapura, Malaysia, India, Pakistan, Jepang, Uni Emirat Arab, Bangladesh dan Korea Selatan). Mereka dibagi menjadi tiga kelompok diskusi, dimana setiap kelompok diskusi tersebut memiliki Ketua, Sekretaris dan Moderator. Untuk kelompok Pasis 1, 2, 3, 4, dan 5, membahas tentang Fungsi Binmat pada Fungsi Pokok. Untuk kelompok 6, 7, 8, 9, dan 10 membahas tentang Fungsi Binmat pada Fungsi Penunjang. Sedangkan kelompok 11, 12, 13, 14, dan 15 membahas tentang Binduklog pada Fungsi Dukungan Logistik. Selama kegiatan berlangsung menghadirkan para Perwira Pembimbing Kelompok (Pabingpok) pada setiap kelompok DAK, guna memberikan masukan dan tanggapan mengenai naskah yang dipaparkan para Ketua Diskusi.

“Kegiatan DAK ini memiliki maksud dan Tujuan. Maksudnya adalah untuk memberikan latihan kepada Pasis agar mampu menerapkan teori-teori yang diterima selama mengikuti pelajaran bidang studi Manajemen dan Logistik. Sedangkan tujuannya, agar Perwira Siswa mampu memahami dan melaksanakan analisis serta merumuskan Pemecahan Masalah Logistik dalam mata kuliah Manajemen dan Logistik, khususnya mengenai Diskusi Pemecahan Masalah Logistik, dengan ruang lingkup penugasan membahas dan menganalisis berbagai permasalahan yang sesuai tema, yaitu "Penyelenggaraan Logistik Operasi yang Efektif dan Efesien Guna Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut di Ibu Kota Nusantara", kata Kepala Departemen Menejemen (Kadepjemen) Seskoal Kolonel Laut (E) Hari Sulistyo, T.T., M.M., CIQnR., selaku Ketua Pelaksana DAK Bidang Studi Kasus Manajemen dan Logistik Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 TA 2022

Ditambahkan, bahwa Pasis Dikreg Seskoal dituntut sebagai pemikir sekaligus sebagai konseptor pemimpin masa depan dituntut untuk mampu mengkaji atau menganalisis dari permasalahan bidang logistik dihadapkan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan Geografis guna mendukung keberhasilan tugas pokok penyelenggaran logistik TNI/TNI Angkatan Laut.

Kegiatan Diskusi ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang menyampaikan “Bangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman”.