Senin, 09 Mei 2022 - 20:39:44 WIB

Kasal Laksanakan CC ke Panglima Angkatan Bersenjata Australia dan Kasal Australia

Penulis : Redaksi
Kategori: LIPUTAN EKSLUSIF - Dibaca: 380 kali


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono melaksanakan Courtesy Call kepada Australian Chief of Defence Force (Panglima Angkatan Bersenjata Australia) General Angus Campbell AO di Russel Office, Canberra, Jumat (6/5).

Dalam kunjungan tersebut, Laksamana Yudo didampingi Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral Michael Joseph Noonan Campbell beserta delegasi TNI AL yakni Koorsahli Kasal Laksamana Muda TNI T.S.N.B. Hutabarat, Asintel Kasal Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, dan Athan RI Canberra, membahas tentang perkembangan kerja sama yang sudah terlaksana selama ini dan peluang peningkatan kerja sama dalam hal lainnya.

Sebelumnya di hari yang sama, Kasal bersama rombongan didampingi CN-RAN VADM Noonan melaksanakan kunjungan ke HMAS Creswell dan melaksanakan tour facility tempat pendidikan dan latihan tersebut. Pada kesempatan itu Pimpinan AL kedua negara melaksanakan penandatanganan statement of intent : Sister Academy Relationship antara Akademi TNI Angkatan Laut dan Royal Australian Naval College.

Tujuan dari pernyataan tersebut dititikberatkan pada membangun rasa saling pengertian dan profesional di antara calon pemimpin masa depan dari masing-masing Akademi, meningkatkan interoperabilitas melalui sikap saling memahami, dan meningkatkan pelatihan dan pengembangannya ke depan secara berjenjang.

Laksamana TNI Yudo Margono berharap dengan penandatanganan statemen ini, generasi muda dari kedua AL akan meneruskan persahabatan dan kerja sama yang baik kedepannya, dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan saling percaya dalam upaya menjaga stabilitas perdamaian dan keamanan di kawasan Indo Pasifik.

Sehari sebelumnya Kamis (5/5) bertempat di Government House, Canberra, Laksamana Yudo juga menerima penganugerahan bintang kehormatan " Member in the Military Division of the Order of Australia " dari pemerintah Australia atas kontribusi dan dedikasinya dalam meningkatkan kerjasama militer khususnya Angkatan Laut kedua negara dalam menjaga stabilitas perdamaian dan keamanan di Kawasan, yang disematkan oleh Gubernur Jenderal David Hurley.

Kunjungan Laksamana Yudo di Australia ini merupakan kunjungan balasan kepada Kasal Australia, yang mana sebelumnya pada tanggal 10 Januari 2022 Vice Admiral Michael Joseph Noonan telah mengunjungi Laksamana TNI Yudo Margono di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, Jakarta Timur. Dalam kesempatan tersebut Kasal Laksamana Yudo menyematkan Bintang Jalasena Utama kepada Vice Admiral Michael Joseph Noonan.