Sabtu, 22 Januari 2022 - 20:25:40 WIB

KRI Teluk Lampung-540 Debarkasi Pasukan Marinir, Siap Amankan Pulau Terluar

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 281 kali


KRI Teluk Lampung-540 sandar di Dermaga Faslabuh Lanal Ranai, Kepulauan Riau, Sabtu (22/1) untuk debarkasi Satgas Kompi Komposit Marinir dari Pasmar 1 Jakarta. Kapal perang jenis LST tipe Frosch jajaran Komando Lintas Laut Militer ini melaksanakan operasi dukungan angkutan laut militer rotasi satuan tugas Marinir kompi komposit pengamanan Pulau Natuna.

Debarkasi pasukan Marinir dan peralatannya Pasmar 1 Jakarta yang dipimpin Mayor Mar Novan Noor Alam tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar yaitu Satgas Pengamanan Pulau Natuna. 130 prajurit Pasmar 1 Jakarta yang didaratkan ini dilakukan dengan tetap melaksanakan prosedur tetap protokol kesehatan oleh satuan kesehatan setempat.

Satgas Kompi Komposit yang baru tiba ini akan menggantikan Satgas lama berikut peralatan dan perlengkapan pendukung penugasan yang sudah purna tugas, setelah 12 bulan menjaga dan mengamankan Pulau Natuna.

Komandan KRI Teluk Lampung-540 Letkol Laut (P) Rully Tri Anggoro mengungkapkan kapal perang yang dikomandaninya melaksanakan debarkasi dan embarkasi pasukan Satgas Kompi Komposit Marinir Pulau Natuna, dan rencananya mereka akan langsung bertolak kembali ke Jakarta setelah embarkasi 130 prajurit yang selesai tugas pengamanan Pulau Natuna.

“KRI Teluk Lampung-540 melaksanakan operasi angkutan laut militer mendukung rotasi satgas pengamanan Pulau Natuna dari Pasmar 1 Jakarta. Sampai dengan saat ini kita pastikan kondisi personel dan kapal siap operasi", kata Komandan KRI bernomor lambung 540 ini.

Dari Mako Kolinlamil, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma berpesan agar para prajurit KRI yang melaksanakan tugas dukungan angkutan laut militer untuk tetap waspada dengan virus Covid-19 dan varian barunya. Meskipun telah mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama dan kedua, bukan berarti protokol kesehatan dapat diabaikan. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan 5M diharapkan tugas negara untuk menjaga kedaulatan NKRI khususnya di pulau-pulau terluar dapat dilaksanakan dengan optimal.

“Perkembangan situasi terkait dengan pandemi Covid-19 harus terus diikuti dan diwaspadai dengan munculnya varian baru, jangan kendor untuk melaksanakan prokes 5M. Menjaga tubuh tetap sehat dan moril tetap tinggi adalah tugas setiap prajurit agar tujuan dari pelaksanaan tugas operasi dapat tercapai. Dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, unsur-unsur Kolinlamil terus aktif mendukung pergeseran pasukan dan materialnya ke daerah-daerah perbatasan dan pulau-pulau terluar NKRI", pungkas Panglima Kolinlamil.