Jumat, 19 November 2021 - 05:44:48 WIB

Pemerintah Berlakukan PPKM Level 3 Mulai 24 Desember di Seluruh Indonesia

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 950 kali


Pemerintah akan menerapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan berlaku mulai 24 Desember 2021hingga 2 Januari 2022.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah sedang merumuskan aturan untuk penerapan kebijakan tersebut dalam bentuk Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru selambat-lambatnya diterbitkan pada 22 Desember 2021.

“Pemerintah berusaha sesegera mungkin untuk merumuskan kebijakan yang tentunya tanpa melupakan prinsip kehati-hatian dengan tujuan agar kebijakan yang dihasilkan dapat implementatif dan efektif. Mohon untuk menunggu update selanjutnya,” kata Wiku pada konferensi pers virtual tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia”, Kamis (18/11/2021).

Wiku juga merespons pertanyaan media terkait kemungkinan ada perubahan aturan tentang pemberlakuan perjalanan menggunakan rapid Antigen.

Wiku menyebutkan untuk saat ini aturan mobilitas dalam negeri masih merujuk pada Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 22 Tahun 2021. Aturan tersebut, kata Wiku, dapat berubah karena pada prinsipnya menimbang kasus Covid-19 yang dinamis.

"Dengan begitu, jika diperlukan akan ada penyesuaian butir kebijakan dengan menimbang peluang penularan lainnya untuk dapat diantisipasi semaksimal mungkin," tandas Wiku. (b1)