Selasa, 09 November 2021 - 16:01:09 WIB

Ini Daftar Pemain Besar Layanan PCR Test Indonesia

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 1400 kali


Kebijakan Pemerintah terkait dengan Harga PCR turun menjadi polemik di kalangan pengusaha penyedia layanan PCR, karena sejak Pandemi covid-19 menyerang Indonesia, seluruh pihak bahu membahu membantu Pemerintah dalam melakukan penanganan dan pengendalian Covid-19 baik Rumah Sakit Swasta, Rumah Sakit Daerah, Rumah Sakit milik BUMN, dan jenis pelayanan kesehatan lainnya fokus dalam melakukan penanganan Covid-19, dengan sesuai dengan kapasitas dan fasilitas masing-masing.

Berikut beberapa perusahaan besar penyedia layanan PCR dan terkenal di Indonesia, yaitu:

1. Bumame

Bumame Farmasi adalah penyedia jasa tes PCR. Dalam situsnya, Bumame menyatakan memiliki lab yang berkualitas dan tersertifikasi.

"Terakreditasi dan terdaftar sebagai Laboratorium PCR COVID-19 di Kementerian Kesehatan Indonesia. Bersertifikat ISO 13485 (Medical devices - Quality management systems)," tulis keterangan perusahaan.

Bumame tersebar di berbagai daerah, dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Palembang, dan Bali. Kemudian, ia juga yang menyediakan layanan home service, corporate service, wedding package, dan lain-lain.

2. GSI Lab

GSI Lab merupakan penyedia layanan PCR Test yang berada di bawah PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI).

Dikutip dari gsilab.id, GSI Lab merupakan inisiatif kewirausahaan sosial.

"GSI Lab adalah inisiatif kewirausahaan sosial (social entrepreneurship) dan pelopor aksi solidaritas #SwabAndSaveIndonesia untuk mendukung Pemerintah dan masyarakat dalam percepatan penanganan COVID-19 melalui pengetesan PCR yang cepat dan akurat," bunyi keterangan di situs Perusahaan.

3. Smartcolab

Smartcolab merupakan laboratorium medik yang berdiri pada tahun 2020, untuk mencapai kinerja terbaik smartcolab memberikan komitmen sebagai perusahaan yang berstandard internasional, kualitas teruji dan sitematis yang selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam produk dan pelayanan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan surat edaran terkait laboratorium yang diperbolehkan melakukan testing Covid-19, minimal berstandar biosafety level 2. Menyikapi hal tersebut, semua laboratorium yang dimiliki Smartcolab telah memenuhi standar biosafety level-2 atau BLS 2+ Smartcolab.

Dengan beberapa layanan terdepan, seperti pelayanan 24 Jam di beberapa Cabang, Smart Drive, dan Home service.

"Hasil testing dan tracing dari laboratorium yang sudah terdaftar di BLS 2+, dapat membantu pemerintah untuk mendapatkan data yang valid dan realtime. Dalam penanganan masalah covid-19 yang terus terjadi hingga saat ini adalah tidak sembarangan laboratorium boleh melakukan pemeriksaan Covid-19. Penerapan standar terhadap mekanisme testing dan sebagainya adalah penting agar hasil dari layanan tersebut lebih baik, maksimal, dan akurat", bunyi keterangan laman perusahaan.

4. Swab Aja

Swab Aja yang merupakan milik dari PT Satu Laboratika Utama memiliki Visi dan Misi "Ingin memberikan akses layanan yang mudah dan terjangkau kepada masyarakat luas" sesuai dengan Motto Perusahaan "safe, integrity and professional".

PT Satu Laboratika Utama yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan ikut berperan aktif dalam melakukan upaya-upaya dalam hal penanganan, pencegahan dan penanggulangan dengan membuka pelayanan swab test untuk mendeteksi Virus Covid-19.

"Kami menyediakan proses tes cepat sesuai kebutuhan Anda, petugas layanan kami terlatih dan siap melayani anda, hasil sampel melalui proses dan tahapan verifikasi dokter, menggunakan alat terbaru dan canggih untuk proses sampel, anda bisa memilih outlet terdekat dan layanan homecare yang kami sediakan dan Swab Aja telah memproses ribuan sampel per hari dan memiliki Laboratorium PCR BSL2 Resmi di beberapa kota," tulis laman perusahaaan.

5. Naraya Medical Center

Naraya Medical Center merupakan milik dari PT Naraya Karya Sentana (NKS) diresmikan sejak tahun 2012. Berawal dari sebuah klinik sederhana di wilayah Cibubur, Jakarta Timur, mimpi, visi dan misi ini lahir dari seorang anak muda yang memiliki kompetensi, pengalaman berkarya di bidang penunjang kesehatan (laboratorum klinik) RSCM, Jakarta.

"Namun anak muda ini tidak merasa puas dengan hasil karyanya yang belum optimal, sehingga berjuang mewujudkan mimpinya yang lebih besar melalui Naraya Karya Sentana, dengan salah satu unit bisnisnya “Naraya Medical Center”, bunyi keterangan laman perusahaan.

Sejak 2020, Naraya Medical menyedia layanan PCR dan Antigen untuk pemeriksaan perseorangan maupun kelompok dan juga untuk kepentingan syarat perjalanan darat maupun udara.