Sabtu, 06 November 2021 - 01:35:12 WIB

Wapres Maruf Amin Buka Peparnas XVI Papua

Penulis : Redaksi
Kategori: OLAHRAGA - Dibaca: 1344 kali


Wakil Presiden (Wapres) RI, Maruf Amin secara resmi membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (05/11/2021) malam.

Wapres menyampaikan, kehadirannya di Peparnas Papua untuk mewakili Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang melakukan karantina mandiri. Presiden baru saja mendarat di tanah air, Jumat (05/11/2021) pagi dari lawatan ke tiga negara, yaitu di Italia, Inggris Raya, dan Persatuan Emirat Arab.

“Dalam hal ini, Presiden meminta saya untuk membuka Peparnas ini dan Presiden sendiri yang nanti akan menutupnya. Pada PON yang lalu, Presiden membuka acara dan saya yang menutup. Sebaliknya, pada acara ini saya yang membuka dan Presiden yang nanti akan menutupnya", ujar Wapres.

Melalui rekaman video yang ditayangkan pada upacara pembukaan, Presiden Jokowi menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Papua dan seluruh kontingen Peparnas XVI karena tidak dapat menghadiri upacara pembukaan.

“Tadinya saya akan ke Papua untuk membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI, bertemu dengan atlet-atlet yang luar biasa dan tentunya Pace, Mace, Kakak-kakak Basudara semuanya. Namun, mohon maaf saya tidak dapat hadir karena saya harus menjalani karantina setelah kembali dari luar negeri", ujar Presiden.

Presiden menyampaikan, ia akan hadir pada penutupan Peparnas XVI Papua. “Sebenarnya, tanggal 5 November 2021 pagi saya sudah tiba di tanah air dan bisa membuka Peparnas secara virtual dari Jakarta. Tapi saya lebih memilih hadir di acara penutupan nantinya di Jayapura, karena Papua selalu ada di hati saya,” ujarnya.

Sementara Wapres Maruf Amin dalam sambutannya mengatakan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) adalah ajang untuk mendobrak batas diri dan keluar sebagai pemenang.

“Peparnas adalah ajang yang sangat istimewa. Ajang untuk mendobrak batas diri dan keluar sebagai pemenang. Peparnas juga bukan sekadar kompetisi olahraga tapi lebih dari itu, ini adalah pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi kita semua", ujarnya.

Peparnas juga wujud komitmen pemerintah untuk memberikan perlakuan yang sama bagi setiap warga negara. “Mari kita rayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangsa, sesuai dengan semboyan “Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi", tuturnya.

Wapres menyampaikan keyakinannya bahwa pelaksanaan Peparnas ini akan sukses seperti penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Oktober lalu.

“Saya yakin Peparnas ini pun akan sukses kembali karena masyarakat Papua adalah masyarakat pencinta olahraga, dan masyarakat Papua adalah tuan rumah yang hangat. Sukses ini sekali lagi akan dicatat dalam sejarah yang akan selalu dikenang dalam hati seluruh rakyat Indonesia", tandasnya.