Kamis, 29 Juli 2021 - 00:56:43 WIB

RNLC-19 Siap Berjibaku, Dukung Pemerintah Lawan Covid-19

Penulis : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 1445 kali


Tingginya tingkat penyebaran Covid-19 di Jakarta dalam beberapa pekan terakhir membuat prihatin semua stakeholder ibu kota Jakarta. Tak terkecuali bagi Relawan Nasional Lawan Covid-19 (RNLC-19) yang terdorong untuk bersama-sama pemerintah daerah, ormas lainnya, serta masyarakat luas, untuk berjibaku bersatu melawan Covid-19.

"Sesuai petunjuk dan arahan Ketua Umum RNLC-19 Bapak Kris Budihardjo dan Koordinator Wilayah DKI Jakarta Bapak Arief, kita langsung bergerak melakukan Rapat Koordinasi di wilayah masing-masing", kata Koordinator RNLC-19 Kotamadya Jakarta Utara, Erwin Wongso kepada redaksi, Rabu (28/7).

"Dan tadi kita sudah mengadakan Rapat Koordinasi dengan beberapa anggota dari organisasi lain dan membentuk Kepengurusan Kotamadya Jakarta Utara dan Koordinator Kecamatan untuk mendirikan Posko Koordinasi di 6 Kecamatan", lanjut Erwin.

Erwin menjelaskan nantinya Koordinator Posko-Posko tersebut akan turun langsung ke RW dan RT di lingkungannya masing-masing untuk kegiatan pembagian masker medis dan untuk mengetahui permasalahan warga selama masa Pandemi Covid-19.

"Jadi kita harapkan juga nanti RW dan RT akan terlibat dalam semua kegiatan RNLC-19 khususnya penyemprotan fogging dengan alat Corona Buster yang sudah disesuaikan untuk pemukiman padat yang kebetulan juga hasil karya dari Bapak Arief serta pelatihan pembuatan disinfektan", ujarnya.

Saat ini, lanjut Erwin, RNLC-19 tengah fokus pada pemberian bantuan makanan dan obat-obatan bagi warga yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri. "Semuanya gratis", tegas Erwin yang juga merupakan Ketua DPK RKIH Kotamadya Jakarta Utara.

Erwin melanjutkan, berdasarkan keluhan masyarakat terkait kesulitan untuk vaksinasi dan isolasi mandiri, maka dalam Rapat Koordinasi tersebut sempat dibahas tentang penyuluhan mengenai vaksinasi dan  penyelenggaraan kegiatan Vaksinasi Masyarakat serta percontohan Rumah Isolasi Mandiri di tingkat RW dan RT.

"Semoga beberapa kegiatan RNLC-19 ini dapat membantu masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 ini", tutup Erwin Wongso.   (bud)