Jumat, 18 Januari 2019 - 16:02:00 WIB

Tahun Ini Akan Dibangun Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 167 kali


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, dirinya mendapatkan banyak keluhan mengenai kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di wilayah Garut, Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, menuju ke Tol Cileunyi (Cipularang - Padeleunyi).

Untuk itu, Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah sudah memutuskan akan membangun jalan tol Cigatas, Cileunyi-Garut-Tasikmalaya, Cigatas, tahun ini juga.

“Ini adalah hadiah untuk masyarakat Garut dan Tasikmalaya yang saya cintai. Itu jangan sampai nanti ada suara-suara masuk ke saya, ke Pak Gubernur macet, macet, macet. Jadi sudah ada penetapan lokasi, inshaallah segera dimulai. Tapi saya jamin tahun ini dimulai,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada penyerahan 257 sertifikat untuk masjid, mushala, pondok pesantren, dan lembaga pendidikan, di Masjid Besar Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1) siang.

Diteruskan ke Cilacap

Sementara itu Direktur Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan, rencana pembangunan Tol Cigatas telah masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Pihaknya mengharapkan pengerjaan dapat segera dimulai dalam waktu dekat.

“Bila sudah beroperasi nantinya, kendaraan yang akan menuju Bandung atau wilayah Selatan lainnya dapat melintas ruas tol tersebut. Jalur tersebut akan menjadi pilihan baru bagi masyarakat selain rute tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi,” kata Sugiyartanto saat menerima kunjungan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, di kantornya, Jakarta, Rabu (16/1) lalu.

Saat ini, menurut Sugiyartarto, proyek tol tersebut sedang memasuki tahap penetapan lokasi (penlok). Penlok dilakukan oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk segera diajukan ke Pemprov Jabar. “Desain rutenya sedang disiapkan, nanti ini juga akan diteruskan sampai Cilacap,”  ujar Sugiyartanto sebagaimana dikutip laman www.pu.go.id, hari ini.

Dengan diteruskan hingga ke Cilacap, tol tersebut nantinya akan menghubungkan daerah Gedebage-Majalaya-Garut-Kota Tasikmalaya-Kabupaten Tasikmalaya-Ciamis-Banjar. (set)