Kamis, 15 November 2018 - 14:34:54 WIB

Ayo Deteksi Dini Kanker Serviks

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 191 kali


Kanker serviks adalah pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di daerah serviks (mulut rahim). Kanker serviks tahap awal berupa lesi prakanker yang tidak menimbulkan keluhan, apabila dibiarkan akan berkembang menjadi kanker serviks. Pada tahap lanjut, kanker serviks dapat menimbulkan keluhan seperti perdarahan diluar siklus menstruasi, nyeri di daerah pinggang atau perut bagian bawah, dan atau keputihan yang berulang.

Apakah kanker serviks dapat dicegah?
Kanker serviks merupakan satu-satunya kanker yang dapat dicegah. Penyebab terbanyak kanker serviks adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang mencapai 70%. Pencegahan primer (awal) dapat dilakukan dengan vaksinasi HPV, sedangkan pencegahan sekunder dapat dilakukan dengan melakukan skrining PapSmear/PapTest secara berkala.

Apa yang harus saya lakukan untuk memastikan saya menderita kanker serviks atau tidak?
Untuk memastikan kanker serviks diperlukan pemeriksaan fisik (pemeriksaan dalam), pemeriksaan patologi anatomi (PapTest beserta IVA Tes/Tes Asam) atau dengan Colposcopy, serta radiologis (menentukan stadium).

Apa yang harus saya lakukan apabila ditemukan lesi prakanker atau kanker serviks?
Pada lesi prakanker pilihan terapi akan lebih sederhana dibandingkan dengan kanker serviks, yaitu pengambilan jaringan serviks dengan teknik kauterisasi, konisasi, krioterapi atau LEEP. Sedangkan pada kanker serviks, pilihan terapi akan disesuaikan dengan stadium dan kondisi pasien, dapat berupa pembedahan, kemoterapi, radioterapi, terapi target ataupun gabungan dari beberapa modalitas terapi tersebut.

Segera hubungi dokter Anda, dan pastikan Anda sekeluarga terlindungi dari bahaya kanker serviks.