Kamis, 15 November 2018 - 14:30:31 WIB

Kemahiran Menembak Mutlak Dimiliki Setiap Prajurit

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 139 kali


Prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya mengikuti latihan menembak senjata Laras panjang SS 1 dan pistol di Lapangan tembak Resimen Kavaleri-2, Yon Kapa-2 Marinir Semarung, Surabaya, Kamis (15/11).

Latihan menembak ini merupakan bagian dari program kerja Staf Operasi (Sops) Satlinlamil Surabaya triwulan IV tahun 2018.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya pembinaan personel Satlinlamil Surabaya agar senantiasa menjaga dan melatih kemampuan dasar sebagai prajurit dalam menembak.

“Kegiatan latihan tersebut diikuti 80 orang terdiri dari terdiri dari 15 perwira staf, 45 Bintara/Tamtama dan 20 tim pendukung. Para perwira menembak laras pendek menggunakan pistol jenis Sig Sauer sedangkan prajurit bintara dan tamtama menembak laras panjang menggunakan senjata jenis SS1,” jelas Perwira Staf Operasi (Pasops) Satlinlamil Surabaya Mayor Laut (P) Hadi Subandi, M.Tr (Hanla) yang juga turut dalam latihan tersebut.

Alumni AAL angkatan 48 tahun 2002 ini juga menerangkan bahwa sebelum diambil penilaian, para penembak diberi kesempatan untuk melaksanakan percobaan dengan lima butir peluru.

”Penilaian menembak slow fire laras pendek ini dilaksanakan dua kali dimana masing-masing sepuluh butir peluru, sedangkan penilaian menembak laras panjang dilaksanakan dengan tiga sikap posisi menembak yaitu tiarap, duduk dan berdiri masing-masing sikap sepuluh peluru,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa latihan ini dilaksanakan secara berkala untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang senjata maupun teknik menembak.

“Selain itu pula, latihan ini untuk melatih kemahiran menembak pistol laras panjang prajurit Satlinlamil Surabaya, sehingga mampu menggunakan senjata dengan baik sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.