Jumat, 19 Oktober 2018 - 10:20:35 WIB

Lanal Semarang Bersama STIMART AMNI Tanam 1.500 Bibit Mangrove

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 193 kali


Guna membantu menyelamatkan lingkungan pantai dari abrasi, Pangkalan TNI AL(Lanal) Semarang, Lantamal V- bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Transportasi Akademi Maritim Nasional Indonesia (Stimart AMNI) menanam 1.500 Bibit Mangrove yang dilaksanakan di Desa Trimulyo Kecamatan Genuk Kota Semarang, pada Kamis (18 /10/18).

Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo yang diwakili oleh Palaksa Lanal Semarang Letkol Laut (Mar) Idi Rizaldi, menyerahkan secara simbolis bantuan 500 bibit Mangrove kepada Pihak Sekolah Stimart Amni, yang diterima oleh Ketua Stimart Amni Ir. Siswadi, MT yang kemudian bersama-sama diserahkan kepada Lurah Desa Trimulyo Dyah Winarni,S.H., disaksikan oleh Camat Genuk Ali Muhtar, S. Sos, M.Mi.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Palaksa, para perwira Lanal Semarang, Ketua Stimart Amni, Camat Genuk, kepala Desa Se Kecamatan Genuk. Puket 3 Bidang Ketarunaan, Kabag 3 Ketarunaan Stimart Amni serta para undangan lainnya.

Sedangkan para peserta penanaman terdiri dari Prajurit Lanal Semarang, Perwakilan Prajurit Kodim dan Koramil, Babin Kantibmas Polsek Genuk, Taruna dan Taruni Stimart Amni dan Masyarakat sekitar.

Dalam Sambutannya Danlanal Semarang yang dibacakan oleh Palaksa Lanal Semarang mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Stimart Amni, Camat Genuk, serta Lurah Desa Trimulyo atas kerjasamanya untuk menjadikan desa Trimulyo sebagai lokasi penanaman ini, mengingat daerah tersebut rawan terkena abrasi, sehingga dengan kegiatan penanaman ini diharapkan dapat menahan abrasi oleh air laut di wilayah tersebut.

Lebih lanjut Danlanal Semarang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda rutin Lanal Semarang, dimana kedepannya akan mengajak Lembaga Pendidikan Maritim lainnya yang ada di Kota Semarang, serta kelompok masyarakat untuk turut bersama sama menanam bibit pohon mangrove di lain desa. Dengan harapan seluruh pihak peduli lingkungan pesisir yang ada di Kota Semarang.

Di sisi lain Ketua Stimart Amni Ir. Siswadi, M.T. mengucapkan terima Kasih kepada Danlanal Semarang atas kesempatan bekerja sama guna mengamankan kondisi pesisir di Kota Semarang . Selanjutnya Siswadi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sifatnya pengabdian kepada masyarakat. Hal itu adalah merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Temanya Gerbang Hebat Stimart Amni Semarang, sebuah gerakan yang mendukung program Pemkot Semarang," tandas Siswadi.

Di sela- sela penanaman Lurah Trimulyo Dyah Winarni, S.H. menjelaskan bahwa sebagian wilayahnya langsung berbatasan dengan perairan laut dan tambak yang sering terkena terdampak banjir dan rob, untuk itu dengan adanya gerakan ini di wilayahnya, sebagai kepala pemerintahan di Desa Trimulyo mengucapkan banyak terima kasih, semoga kegiatan ini memberikan dampak yang positif bagi Desa Trimulyo.