Kamis, 18 Oktober 2018 - 16:13:15 WIB

Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Panen Lele Bersama Warga Perbatasan

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 171 kali


Saat pertama kali menginjakan kaki di tanah Papua, Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad memerintahkan seluruh jajarannya agar selalu berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan Papua, serta mengajarkan ilmu yang bermanfaat untuk mereka. Agar ketika saat purna tugas, masyarakat Papua mempunyai bekal ilmu untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian keluarga mereka.

Seperti yang dilakukan oleh Pos Koya Koso, Kampung Koya Koso, Distrik Abepura, Kota Jayapura yang mengajak warga Kampung Koya Koso untuk beternak ikan lele bersama Satgas 501 Kostrad, Jayapura.

Tujuan dari kegiatan ini adalah selain untuk mempererat tali silaturahmi antara Satgas dengan masyarakat Kampung Koya Koso, juga untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal beternak ikan lele. Diharapkan, masyarakat Kampung Koya Koso yang rata- rata bermata pencaharian bertani dan berdagang, mereka bisa memiliki penghasilan tambahan melalui beternak ikan lele.

Dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar Pos Koya Koso, personel Satgas bersama warga Kampung Koya Koso membuat kolam lele berukuran 5x3 meter yang mampu menampung 2.500 ekor bibit ikan lele. Setiap harinya personel Satgas mengajak beberapa masyarakat Kampung Koya Koso untuk ikut memberi pakan ternak lele dan membersihkan kolam tersebut.

Setelah 3 bulan tibalah waktunya untuk memanen ikan lele tersebut. Personel Pos Koya Koso mengundang masyarakat Kampung Koya Koso untuk panen ikan lele bersama. Senyum lebar terpancar dari masyarakat ketika melihat banyaknya ikan lele yang diangkat dari kolam tersebut. Setelah ikan lele terangkat dari kolam, personel Satgas langsung membag- bagikan ikan lele tersebut kepada seluruh warga yang hadir.

Ketua RT Kampung Koya Koso Seth Ulop mengucapkan terima kasih banyak atas upaya pihak Satgas memberikan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga kepada masyarakat Koya Koso. Seth Ulop berharap apa yang telah diajarkan dan diberikan bisa bermanfaat bagi warga Koya Koso sekaligus bisa dijadikan satu peluang bisnis untuk mendongkrak perekonomian keluarga mereka.

Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad menuturkan bahwa apa yang dilakukan jajarannya semata mata hanya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan Papua dengan menerapkan ilmu yang sudah didapat dan diterapkan di daerah penugasan Papua. "Dengan sedikit upaya dan keuletan, kita dapat memanfaatkan kekayaan alam Papua untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat", ujarnya.