Senin, 20 Agustus 2018 - 16:29:59 WIB

TNI AL dan ACT Serahkan Bantuan Korban Bencana Lombok

Penulis : Redaksi
Kategori: POLITIK DAN HUKUM - Dibaca: 364 kali


TNI Angkatan Laut bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyerahkan bantuan untuk korban bencana Lombok. Penyerahan bantuan dilaksanakan secara simbolis oleh Danlantamal VII Brigjen TNI Marinir Kasirun Situmorang kepada Wakil Bupati Lombok Utara Bapak Syarifudin, S.H., M.H., yang disaksikan Senior Vice Presiden ACT Bapak Agus, Kepala Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksma TNI drg. R.A. Nora Lelyana, M.H., Kes., Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Ludi Muharjo, Kolonel Laut (P) Retarto dari Spotmar Mabesal serta dari Staf Teritiorial Mabes TNI bertempat di Dermaga Pelabuhan Carik, Lombok Utara, Senin (20/08).

Selanjutnya bantuan-bantuan tersebut diangkut menuju Posko-Posko menggunakan truk TNI AL dan juga truk sipil. Kemudian bantuan tersebut akan didistribusikan oleh panitia yang ada di Posko-posko korban bencana kepada masyarakat.

KRI Banjarmasin-592 berangkat dari Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta pada tanggal 17 Agustus 2018 yang dilepas oleh Asisten Potensi Maritim Kasal (Aspotmar Kasal) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Bantuan yang diangkut KRI Banjarmasin-592 lebih dari 850 ton berupa berbagai bahan campuran seperti sembako, selimut, pakaian layak pakai, mie instan, makanan kaleng cepat saji, obat-obatan medis, tenda lapangan, mobil pintar yang berisikan buku-buku bacaan anak dan fasilitas trauma healing. Selain itu Kapal ini juga mengangkut para relawan sebanyak 52 orang.

Kegiatan “Kapal kemanusiaan untuk Lombok“ ini merupakan kerjasama TNI Angkatan Laut dalam hal ini jajaran Staf Potensi Maritim (Spotmar) dengan organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Pos Indonesia, Peduli SCTV, CT Arsa Foundation dan lain-lain.

KRI Banjarmasin-592 yang di Komandani Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Si., M. Tr. Hanla., merupakan jenis kapal Landing Platform Dock (LPD) 125 meter unsur dibawah jajaran Kolinlamil. Kapal ini dibangun di galangan kapal PT PAL Surabaya.