Senin, 20 Agustus 2018 - 12:23:14 WIB

Koarmada II Gelar Latihan Simulasi Penyelamatan Kapal Selam TA. 2018

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 207 kali


Asisten Operasi (Asops) Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Sawa, S.E., M.M., mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., resmi membuka Latihan Simulasi Penyelamatan Kapal Selam TA. 2018, bertempat di Auditorium Puslatkaprang, Kolatkoarmada II, Ujung Surabaya. Senin, (20/08/2018).

Dalam sambutan Pangkoarmada II yang dibacakan Asops Pangkoarmada II menyampaikan bahwa, Komando Armada II sebagai Kotama Operasional mengemban fungsi TNI AL bidang pertahanan di laut dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dalam melaksanakan tugasnya dengan berpedoman pada tugas TNI AL yaitu melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Keberhasilan tugas tersebut, sangat ditentukan oleh kemampuan dan profesionalisme setiap prajurit.

“Dalam mengaktualisasikan tugas TNI AL dan profesionalisme prajurit, perlu adanya latihan pengembangan kemampuan personel TNI AL secara terus menerus dan menyesuaikan dinamika tugas yang selalu berkembang salah satunya adalah latihan di bidang Search and Rescue (SAR) kapal selam yang mengalami kedaruratan serta melatih kesigapan dan kecepatan unsur-unsur SAR dalam melaksanakan pencarian dan SAR terhadap kapal selam”, kata Pangkoarmada II.

Selain itu, kegiatan latihan simulasi penyelamatan kapal selam TNI Angkatan Laut yang diselenggarakan oleh Koarmada II ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan kemampuan prajurit untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan unsur serta meningkatkan kerja sama antar instansi khususnya dalam melaksanakan SAR kapal selam secara cepat dan tepat, serta tidak menutup kemungkinan Indonesia berperan aktif dalam SAR kapal selam negara lain.

Latihan penelamatan di lapangan yang akan dilaksanakan tanggal 27 - 29 Agustus 2018 di Perairan Pasir Putih Situbondo tersebut melibatkan unsur-unsur diantaranya, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367, KRI Nanggala-402, KRI Pulau Rengat-711, KRI Spica-934, Pesud CN-235 dan Heli Panther Puspenerbal dan tim pendukung latihan yaitu Satsel Koarmada II, Satkor Koarmada II, Satran Koarmada II, Satkopaska Koarmada II, Dislambair Koarmada II, Diskes Koarmada II, serta Basarnas Prov. Jatim.

Hadir dalam acara tersebut, para Komandan Unsur dan para Kadep Ops KRI jajaran Koarmada II dan seluruh peserta latihan simulasi penyelamatan kapal selam TNI AL TA. 2018.