Minggu, 19 Agustus 2018 - 04:15:43 WIB

600 Mahasiswa Ikuti Pembangunan Karakter dan Bakti Sosial di Koarmada II

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 196 kali


Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Sigit Santoso mewakili Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda (Laksda) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., membuka upacara Pembangunan Karakter Mahasiswa Baru (PKMB) dan Bakti sosial yang di ikuti 600 Mahasiswa Baru Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, bertempat di Dermaga Madura Mako Koarmada II Ujung, Surabaya, Sabtu (18/08/2018).

Dengan tema, " Melalui pembangunan karakter mahasiswa baru kita tingkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara guna mewujudkan cita-cita Nasional". Sebelum memulai upacara pembukaan di tempat yang berbeda sebanyak 200 mahasiswa baru melaksanakan bakti sosial dengan melakukan donor darah di Gedung Panti Tjahaja Armada Koarmada II.

Dalam amanat Pangkoarmada II yang di bacakan oleh Aspotmar Koarmada II menyampaikan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang semakin dinamis, baik secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada ketahanan negara, hal ini akan memicu kecenderungan perspektif terhadap ancaman baik militer maupun non militer yang mengakibatkan instabilitas keamanan dan situasi tersebut akan memunculkan konflik antar negara dan konflik sosial politik Nasional.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, dengan tingkat heterogenitas yang tinggi, meliputi keanekaragaman agama, suku bangsa, budaya dan adat istiadat yang beraneka ragam, namun itu semua tidak menjadi penghalang ataupun hambatan untuk bersatu. Dihadapkan pada situasi saat ini dimana perkembangan teknologi yang semakin cepat, menuntut kita untuk selalu waspada, khususnya generasi muda yang rentan terhadap segala perubahan yang menjurus kepada integritas bangsa.

Keanekaragaman adat istiadat, budaya maupun agama yang ada di Indonesia sering menimbulkan Primordialisme yang cenderung melunturkan jiwa kebersamaan dan persatuan, disinilah perlunya mengingatkan kembali jati diri bangsa, wawasan kebangsaan bela negara serta anti radikalisme, sehingga terlahir kesadaran dari dalam diri kita sendiri akan pentingnya rasa cinta tanah air.

Pembangunan karakter merupakan proses pembentukan kepribadian yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas dan kepribadian seseorang maka pendidikan karakter atau pendidikan moral merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa, kecerdasan emosional, spiritual dan kepribadian penting dalam membangun karakter yang tangguh, mandiri, aktif, kreatif dan bededikasi tinggi.

Selanjutnya seluruh Mahasiswa Baru berkesempatan Ship Tour ke KRI Sultan Hasanuddin-366 dan KRI Diponegoro-365 yang bersandar di Dermaga Madura serta ke Monjaya, usai melaksanakan Ship Tour seluruh Mahasiswa Baru menerima pembekalan dari Rektor Unitomo Bpk Dr. Bachrul Amiq. S.H., MH., dan diakhiri dengan foto bersama.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kadispotmarkoarmada II Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E., Para Komandan KRI, Wakil Rektor Unitomo, para Dosen dan Dekan Unitomo Surabaya.