Senin, 13 Agustus 2012 - 15:23:52 WIB

Jasa Raharja Berangkatkan 13 Ribu Pemudik

Penulis : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 591 kali


Jakarta-- Sebanyak 13 ribu orang ikut serta mudik bersama secara gratis yang diselenggarakan PT Jasa Raharja. Sama seperti tahun sebelumnya, acara mudik gratis difokuskan bagi para pengendara sepeda motor. Tahun 2011, Jasa Raharja memberangkatkan 12 ribu pemudik.

"Mudik gratis bagi pengendara motor dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan dan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas saat mudik", kata Direktur Utama PT. Jasa Raharja Diding S Anwar usai melepas keberangkatan peserta di Lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Senin (13/8).

Menurut Diding, tahun ini, perseroan menyediakan 240 unit bus dengan jumlah kota tujuan ada 38 se-Jawa dan Lampung. Peserta diberangkatkan dari dua titik, yaitu Jakarta pada 13 Agustus dan Surabaya pada 15 Agustus.

Dari Jakarta, disediakan 210 armada bus dengan 26 kota tujuan. Sedangkan dari Surabaya, disediakan 30 armada dengan 12 kota tujuan.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyambut baik kegiatan 'mudik bareng' yang diadakan Jasa Raharja.

"Saya menyambut baik kegiatan mudik gratis yang ditujukan bagi pengendara motor dan keluarganya. Dengan beralih menggunakan angkutan umum seperti bus, maka diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan yang mayoritas dialami oleh para pemudik motor. Juga tak kalah penting, kegiatan ini tentunya bisa mengurangi beban ekonomi warga yang akan mudik", kata Fauzi.

Diding menambahkan, pemudik sebaiknya tidak menggunakan kendaraan sepeda motor sebagai moda sarana untuk pulang kampung. Pasalnya berkendara jauh dengan menggunakan sepeda motor sangat berbahaya.

"Tahun lalu dari Rp 1,4 triliun dana santunan yang disalurkan, 70 persen untuk kecelakaan yang diakibatkan sepeda motor", jelas Diding.

Acara mudik bareng yang dibuka oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan itu masuk dalam rekor MURI sebagai pengendara sepeda motor terbanyak. (PUR)