Senin, 16 Juli 2018 - 15:57:46 WIB

Satuan Kapal Jajaran Koarmada II Bersaing Dalam Tahap Sea Survival

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 186 kali


Di hari pertama Latihan Jungle and Survival Prajurit KRI Koarmada II, peserta pertama yang terdiri dari perwakilan Satuan Kapal Amfibi (Satfib), Satuan Kapal Bantu (Satban) B, Satuan Kapal Selam (Satsel) B dan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) A melaksanakan gladi lapangan tahap Sea Survival yang onboard dengan KRI Teluk Sampit (TSP)-515, berlangsung di Selat Madura. Senin, (16/07/2018).

KRI TSP-515 sebelum bertolak menuju jarak titik lego 1,8 mile dari Dermaga Semampir Lama, Letkol Laut (P) Y.Y. Tamoni selaku Paopslat menyampaikan kepada peserta latihan untuk selalu mengutamakan keselamatan personel dan material dalam latihan jungle and survival, menguji kemampuan perorangan dalam tim, menggunakan alat penolong yang dipakai perorangan atau maupun tidak menggunakan menuju daratan terdekat, mengatasi atau menolong korban dipermukaan air, dan membalikan sekoci dengan kerjasama tim dan yang lain melaksanakan water trappen.

Latihan sea survival diawali dengan peran kebocoran di kapal, sehingga kapal tidak dapat menanggulangi karena air semakin banyak yang masuk ke dalam sampai melaksanakan peran peninggalan tahap ketiga. Selanjutnya masing-masing peserta disaksikan para instruktur segera melompat ke laut untuk melaksanakan tantangan latihan yang diantaranya, water trappen, meniup swimvest, membuat pelampung dari pakaian dan berenang ke sekoci. Setelah mendayung dari titik yang telah ditentukan para peserta membalikan sekoci, serta menolong korban di permukaan, selain itu bertahan berjemur kemudian mendayung ke tepi.

Kegiatan gladi lapangan tahap laut yang berlangsung mulai tanggal 16-18 Juli 2018 dan jungle survival 19-21 Juli 2018, berhasil mencatatkan waktu tercepat dari dermaga semampir menuju garis finis yang terletak di hutan bakau Koarmada II, usai tahap bertahan hidup atau berjemur selama dua jam yaitu Tim Satfib Koarmada II 06 menit 20 detik 70 millidetik, Tim Satsel B 06 menit 48 detik 32 millidetik, Tim Satban B 08 menit 27 detik 33 millidetik, Tim Satkor A 09 menit 10 detik 58 millidetik.