Senin, 16 Juli 2018 - 14:40:29 WIB

Wakapushidrosal Inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di Perairan Belinyu Babel

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 201 kali


Wakil Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Wakapushidrosal) Laksamana Pertama TNI Dr.Ir Trismadi, melaksanakan inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di perairan Belinyu Pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kegiatan survei Hidro-Oseanografi yang dilaksanakan di perairan Belinyu Bangka tersebut dalam rangka pemutakhiran data Peta Laut Indonesia (PLI) No.60 Tahun 2013 untuk menjamin keamanan dan keselamat bernavigasi pada alur masuk Pelabuhan Belinyu-Bangka.

Pushidrosal berdasarkan Perpres RI No. 164 tahun 1960 dinyatakan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, diperkuat dengan Perpres RI No. 62 tahun 2016 sebagai Kotama Pembinaan TNI AL, bertugas melaksanakan kegiatan survei dan penelitian Hidro - Oseanografi di perairan Indonesia untuk kepentingan umum dan militer.

Hasil dari kegiatan survei Hidro-Oseanografi yang dilaksanakan ini nantinya akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan dan kemajuan perekonomian di propinsi Bangka Belitung yang sebagian besar kegiatan ekonominya menggunakan laut sebagai jalur transportasi utama. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah yang ingin membengun perekonomian berbasis kelautan melalui program peningkatan konektivitas tol laut.

Kegiatan inspeksi yang dipimpin oleh Wakapushidrosal, juga di damping oleh Sahli Jemen Pushidrosal Letkol Laut (P) Yudi Kuncoro. S.T., M.M.

Wakapushidrosal dalam kegiatan inspeksi ini meninjau posko kegiatan tim survei yang berada di pelabuhan Belinyu, sekaligus melihat penempatan stasiun peralatan pasang surut, meteorologi, arus dan gelombang serta titik referensi Hidro Pilar (HP).

Pada kesempatan tersebut, Wakapushidrosal menerima paparan dari Komandan Unit Survei Kerta Wardana 04 - 2018 Mayor Laut (P) Yohanis L. Kalambo, ST., meliputi paparan tentang kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan secara teknis dalam periode waktu yang telah berjalan termasuk penyajian data hasil survei pada bidang-bidang kegiatan yang telah dilaksanakan, antara lain; bidang Hidrografi, oseanografi, meteorologi dan informasi geografi maritim.

Seluruh data hasil survei yang telah dilaksanakan nantinya akan digunakan untuk pemutakhiran PLI No.60 baik dalam bentuk peta kertas maupun dalam bentuk peta Electronic Navigational Chart (ENC) serta perbaikan buku-buku publikasi nautika lainnya untuk mendukung kepentingan umum dan militer.

Diakhir kunjungan Wakapushidrosal menekankan kepada tim untuk tetap menjaga semangat kerja dan meyakinkan bahwa semua tugas yang dibebankan sudah dilaksanakan serta tetap selalu menjaga keamanan dan keselamatan personil dan materil.