Jumat, 13 Juli 2018 - 10:41:01 WIB

Kenang Jasa Pendiri CA IV ALRI, Danlanal Tegal Anjangsana Pelaku Sejarah

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 197 kali


Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tegal Lantamal V, Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE,M.Tr. Hanla melaksanakan anjangsana ke rumah salah satu pejuang CA IV ALRI Tegal Bakrie (88 Th) di Jl.Cempaka no.24 Rt.06 Rw.5 Kelurahan Kejambon Tegal Timur, Jumat (13/7/2018).

Kunjungan yang dilaksanakan kali ini, selain untuk bersilahturahim salah satu pejuang dan sekaligus pelaku sejarah terbentuknya CA IV ALRI yang masih hidup di Kota Tegal, juga untuk menggali lebih dalam lagi kisah-kisah perjuangan dan eksistensi para pejuang dalam melawan agresi militer Belanda di wilayah Eks Karisidenan Pekalongan ini.

Komandan Lanal Tegal menuturkan bahwa anjangsana ini untuk mengetahui kisah perjuangan terbentuknya CA IV ALRI.

"Melalui kunjungan kali ini juga untuk mengetahui route-route mana saja yang dilewati Para Pejuang CA IV pada saat bergerilya pada saat itu serta bagaimana keberadaan Sekolah Opsir/Perwira ALRI yang berada di Desa Kali Bakung", ujarnya.

Agus -sapaan akrab Komandan Lanal Tegal ini- juga punya rencana besar yakni melaksanakan Kirab Napak Tilas.

"Kami punya rencana kedepan, kami bersama segenap Prajurit Lanal akan melaksanakan Kirab Napak Tilas besrta unsur pramuka Saka Bahari untuk mengenang perjuangan Prajurit CA IV ALRI Tegal", pungkasnya.