Senin, 25 Juni 2018 - 17:22:53 WIB

Kasal Pimpin Upacara HUT Ke-62 Penerbangan TNI AL

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 159 kali


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin jalannya upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) bertempat di Apron Hanggar Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (25/06).

Sebelum pelaksanaan upacara parade, dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyematan Brevet Penerbang Angkatan Laut kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, oleh Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja S., S.H., dengan prosesi khas Penerbangan Angkatan Laut.

Kasal dalam amanatnya mengatakan bahwa, upacara Peringatan ke-62 Hari Penerbangan TNI AL Tahun 2018 ini dilaksanakan dalam rangka mengingat kembali sejarah dan pengabdian penerbangan TNI AL, mulai dari awal pembentukan sejak 62 tahun yang lalu hingga saat ini, sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus kesempatan yang baik untuk melaksanakan introspeksi dan evaluasi dalam melaksanakan tugas-tugas yang telah dilaksanakan.

“Selama masa pengabdianya, Penerbangan Angkatan Laut telah memberikan kontribusi besar terhadap tugas pokok TNI AL sebagai Fleet Air Wing di berbagai penugasan seperti, Operasi Trikora, Dwikora, penumpasan PGRS/Paraku, Cendrawasih II, Seroja, Pengusiran kapal Lusitania Expresso, pengamanan jajak pendapat di Timor Timur, Operasi pemulihan keamanan di Aceh, Operasi misi perdamaian dunia di bawah PBB di Lebanon, Pembebasan MV. Sinar Kudus di Somalia, Pembebasan sandera Abu Sayyaf di Filipina serta berpartisipasi dalam operasi bantuan kemanusiaan dan SAR sekaligus berbagai tugas latihan Bilateral maupun Multilateral dengan negara sahabat yang dilaksanakan secara rutin dan saat ini terlibat dalam latihan Rim Of The Pacific (RIMPAC) 2018 di Hawaii”, ujar Kasal.

Dengan mengusung tema, “Dengan dilandasi Profesionalisme, Dedikasi serta Disiplin yang Tinggi, Penerbangan TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Semangat Dharma Jalakaca Putra”, sehingga penerbangan Angkatan Laut dituntut harus mampu mengembangkan diri seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dirgantara beserta persenjataannya. Selain itu aspek keamanan dan keselamatan penerbangan juga harus menjadi landasan dalam menjalankan setiap latihan dan operasi.

Di akhir amanatnya Kasal menekankan kepada seluruh jajaran Penerbangan Angkatan Laut untuk terus mengembangkan sayap dalam mengawasi dan mengamankan seluruh wilayah laut indonesia, demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain pelaksanaan defile oleh para peserta upacara, peringatan Hari Penerbangan TNI AL tahun 2018 ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan Demo Flight yang menampilkan Heli Banner, Flypass Pesud G-36 Bonanza, Heli EC-120B Colibri, Heli BO-105 Bolkow, Heli Bell-412, Heli AS-565 MBe Panther, Pesud Casa NC-212, Pesud CN-235 dan KA-350 King Air serta pertunjukan drama kolosal yang menceritakan sejarah Bandara Juanda.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., menganugerahkan Tanda Kehormatan Satya Lancana Kesetiaan XXIV, XVI dan VIII kepada personel Penerbangan TNI AL yakni Kapten Laut (T) Agus Purwanto, Serma Nav I made Yoni Wardana, dan Klk Mes Wahyu Setiawan.

Turut hadir pada upacara tersebut, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, para pejabat utama TNI AL, para Pangkoarmada, Pengurus Pusat Jalasenastri, para sesepuh Penerbangan TNI Angkatan Laut, dan sejumlah pejabat TNI, Polri, serta pejabat sipil di wilayah Jawa Timur.