Selasa, 05 Juni 2018 - 17:21:18 WIB

Bakamla RI Formulasikan Bentuk Kerja Sama dengan Negeri Sakura

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 205 kali


Sebagai bentuk perhatian serius terhadap pengamanan wilayah perairan, Bakamla RI merancang kerja sama guna mempererat hubungan dalam pengamanan maritim dengan Jepang. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk latihan bersama yang dibahas secara intensif dalam Rapat Perencanaan Latihan di Kantor Bakamla RI Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (5/6/2018).

Latihan Bersama Bakamla RI dengan Japan Coast Guard (JCG) atau yang disebut juga Combine Exercise JCG – Bakamla RI, akan digelar dalam waktu dekat di perairan Teluk Jakarta. Demikian beberapa pokok pembahasan rapat perencanaan latihan yang disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Penyelenggaraan Operasi Laut Kolonel Laut (P) Imam Hidayat, S.E. Latihan Bersama ini akan melibatkan beberapa unsur instansi maritim yakni Bakamla RI, Polair, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Badan SAR Nasional (Basarnas). Selain itu JCG juga mengirimkan unsur laut dan udara untuk bergabung dalam Latihan Bersama ini.

Rencananya latihan operasi laut gabungan ini akan mengerahkan kekuatan utama pengamanan laut dari kedua negara antara lain dari Bakamla RI satu kapal patroli KN Belut Laut 4806, satu Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) dan satu kapal patroli cepat Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB). Sebagai bentuk sinergitas, Polair mengerahkan satu kapal patroli KP Type B, Kementerian Kelautan dan Perikanan mengerahkan KP Hiu/Hiu Macan, dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mengerahkan KN Kelas II dan Helikopter. JCG sendiri mengirimkan satu kapal jenis Patrol Vessel Large (PLH) Tsugaru-02 lengkap dengan heliopternya.

Selain menggelar operasi laut, latihan bersama ini juga akan melakukan kegiatan seminar yang membahas beberapa hal seputar keselamatan dan keamanan maritim. Kegiatan ini sekaligus sebagai wujud 60 tahun persahabatan dan kerjasama RI dengan Jepang yang semakin erat.

Turut hadir dalam rapat perencanaan awal latihan ini Kasubditgarlat Kombes Pol Benny Iskandar, S.IK., M.Si., beberapa perwira Staf Operasi dan Latihan serta Delegasi dari JCG yakni Piracy Countermeasures Office International Criminal Investigation Division, JCG CDR Assushi Miura dan International Criminal Investigation DIV Guard and Rescue DEP Yoshiyuki Kamemoto.