Senin, 14 Mei 2018 - 17:22:38 WIB

Bakamla RI Hadiri Expert Level Meeting dengan India

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 184 kali


Bakamla RI yang diwakili oleh Direktur Latihan Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., menghadiri Informal Expert Level Meeting between Indonesia and India on Maritime Security Cooperation yang diselenggarakan di Legian, Bali, beberapa waktu lalu.

Delegasi Indonesia diketuai oleh Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, Kementerian Luar Negeri Dr. iur. Damos Dumoli Agusman, S.H., M.A. Kegiatan ini turut dihadiri pula oleh kementerian dan lembaga yang terkait dengan ranah kerja sama di bidang keamanan maritim, seperti Bakamla RI, TNI AL, dan Kementerian Pertahanan.

Dalam kesempatan ini, delegasi India diketuai oleh Dubes India di Jakarta yaitu H.E. Pradeep Kumar Rawat.

Pertemuan bilateral ini merupakan wadah diskusi mengenai kerja sama di bidang keamanan maritim antara Indonesia dengan India. Kerja sama yang dibentuk antara lain di bidang peningkatan kapasitas personel, working group, dan juga workshop, yang akan diselenggarakan secara bertahap dan berkesinambungan.

Lebih lanjut, memanfaatkan pertemuan ini, Bakamla RI menyampaikan bahwa saat ini sedang diadakan penjajakan kerja sama dengan India Coast Guard terkait peningkatan kapasitas personel. Selain itu, pembuatan suatu forum bilateral dalam bentuk Working Group on Maritime Security juga sedang diformulasi. Bakamla RI juga merencanakan pelaksanaan workshop di bidang keamanan laut yang juga turut mengundang negara-negara ASEAN.