Jumat, 13 April 2018 - 18:31:55 WIB

Pangarmatim Pimpin Upacara Penutupan Latma Cassoex 2018

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 281 kali


Latihan Bersama Cassowary Exercise (Latma Cassoex) Tahun 2018 antara TNI Angkatan Laut dengan Royal Australian Navy (RAN), secara resmi ditutup oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. yang didampingi Panglima Armada Australia RADM Peter Lever, bertempat di ruang serba guna HMAS Coonawarra Naval Base, Darwin, Australia. Jumat (13/04/2018).

Latma Cassoex merupakan agenda latihan bersama yang rutin dilaksanakan oleh TNI AL dan Royal Australian Navy, dimana latihan tersebut memiliki peranan yang penting antara Indonesia dan Australia dalam rangka menjaga hubungan baik serta meningkatkan kemampuan Angkatan Laut dari kedua negara.

Setelah berhasil melaksanakan Latihan bersama Cassowary Exercise (Cassoex) tahun 2018 sejak tanggal 9 s.d. 12 April 2018 yang terdiri dari pelaksanaan Simposium dan Manuver Lapangan (Manlap) di perairan Darwin Australia, selanjutnya Angkatan Laut dari kedua negara akan melaksanakan Coordinated Patrol (Corpat) atau Patroli Bersama di sepanjang batas perairan antara Indonesia dan Australia.

Dalam patrol bersama nantinya, Angkatan Laut dari kedua negara akan bersama-sama melaksanakan pemeriksaan terhadap kapal yang diduga melanggar hukum atau melanggar garis batas perairan kedua negara.

Pangarmatim dalam sambutannya menyampaikan, daerah perbatasan antara Australia dan Indonesia sangat strategis yang secara luas digunakan sebagai zona penangkapan ikan, eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam serta digunakan sebagai jalur laut. Situasi ini memiliki banyak konsekuensi yang dapat membahayakan keamanan di wilayah tersebut.

"Jadi, ketika kita mempertimbangkan bahwa area perbatasan adalah tanggung jawab bersama, itu membutuhkan persepsi dan tindakan bersama untuk menangani beberapa masalah tertentu, dan pada kesempatan yang sama dengan melaksanakan latihan bersama Cassoex akan memperkuat hubungan dari kedua negara dalam mengatasi kejahatan di laut", ungkap Laksda Didik Setiyono.

Pada kesempatan tersebut Orang Nomor Satu di Koarmatim menyampaikan ungkapan rasa bangganya kepada seluruh peserta latihan dari kedua negara, atas kerja sama dan kerja kerasnya selama pelaksanaan Latma Cassoex 2018.

Mengakhiri sambutannya, berharap Patroli Bersama yang akan dilaksanakan oleh TNI AL dan Royal Australian Navy akan berjalan dengan baik dan lancar serta harus selalu berpegang pada Standard Operation Procedure (SOP) dengan serius dan rasa tanggung jawab yang tinggi dari kedua Angkatan Laut.

Rangkaian upacara penutupan Latma Cassoex 2018 diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada seluruh peserta latihan serta pertukaran cindera mata antara Pangarmatim dan Panglima Armada Australia, dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Hadir pada acara tersebut, Athase Pertahanan (Athan) Indonesia untuk Australia Laksamana Pertama TNI Teguh Isgunarto, Pabanlat Sopsarmatim Letkol Laut (P) Binsar Sitorus, Perwakilan Kolat Koarmatim Letkol Laut (P) Ferry Hutagaol, Komandan Latihan AL Australia Letkol John Cowan, Dansatgas Cassoex Komandan KRI Layang-635 Letkol Laut (P) Isak Rapang, S.E., M.SI., M.Tr (Hanla)., serta Komandan KRI Kakap - 881 Mayor Laut (P) Iwan Hendra Susilo.