Kamis, 12 April 2018 - 21:54:31 WIB

Pushidrosal Kirim Delegasi Hadiri Pertemuan Ke-18 NIOHC di Goa India

Penulis : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 167 kali


Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengirimkan delegasi untuk menghadiri pertemuan North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC) ke-18 yang dilaksanakan di Goa India tanggal 09 -12 April 2018. Delegasi Pushidrosal diwakili oleh Wakapushidrosal Laksma TNI Trismadi dan Mayor Laut (P) Yohanis Kalambo, Kamis (12/4).

Pushidrosal menghadirkan delegasinya karena telah menjadi anggota tetap NIOHC yang ditetapkan pada pertemuan NIOHC ke -17 di Kairo Mesir pada tanggal 17-20 Juni 2017.

Pertemuan NIOHC ke-18 tahun 2018 ini dihadiri oleh beberapa negara anggota seperti Bangladesh, Mesir, Myanmar, Saudi Arabia, Srilanka, Thailand dan Inggris, termasuk beberapa negara observer seperti Perancis dan Oman.

Kegiatan ini dibuka oleh Director International Hydrographic Commission (IHO) Mr. Mustafa Iptes. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa kerjasama antar negara-negara anggota NIOHC harus semakin ditingkatkan khususnya dalam pembangunan kemampuan dalam pemutakhiran peta kertas dan ENC yang berada pada area anggota NIOHC. Selama pertemuan, acara dipimpin oleh Chair NIOHC, Vice Admiral Vinay Badhwar (India) serta Vice-Chair NIOHC, Rear Admiral Timothy Miles Lowe (Inggris).

Secara garis besar, pertemuan NIOHC ini membahas tentang pembuatan international chart, kegiatan-kegiatan working group dalam NIOHC, Legalitas Crowd Sourced Bathymetry (CSB), Satelite Derived Bathymetry (SDB), Marine Spatial Data Infrastructure (MSDI), Capacity Building (CB) dan pembahasan beberapa kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh NIOHC pada tahun 2017 serta membahas tentang kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Pada kesempatan tersebut, Wakapushidrosal mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., memberikan paparan berkaitan dengan kemampuan dan pencapaian Pushidrosal dalam bidang survei dan pemetaan serta beberapa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Pushidrosal. Dalam pertemuan tersebut, Pushidrosal bersama dengan anggota-anggota negara yang lain dituntut untuk dapat berperan aktif dalam mendukung kegiatan-kegiatan NIOHC yang akan dilaksanakan dalam membangun kerjasama antara negara anggota dalam memberikan jaminan keamanan bernavigasi di area NIOHC serta saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam peningkatan kemampuan bidang hidrografi serta aspek-aspek maritim lainnya.