Jumat, 16 Desember 2016 - 21:25:36 WIB

Bakamla RI Lakukan Kunjungan Kehormatan ke Malaysia

Penulis : Redaksi
Kategori: POLITIK DAN HUKUM - Dibaca: 319 kali


Raja- Dalam rangka menjajagi kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia, Bakamla RI melakukan kunjungan kerja ke Akademi Maritim Sultan Ahmad Shah (AMSAS) di Kuantan, Malaysia, beberapa hari lalu.

Akademi Maritim Sultan Ahmad Shah (AMSAS) merupakan akademi dan pusat pelatihan yang dimiliki oleh Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM). Dalam kunjungan yang dilakukan, delegasi Bakamla RI yang dipimpin oleh Direktur Kerja Sama Sandi, S.H., M.H., disambut oleh Ketua Pengarah Pendidikan dan Latihan AMSAS Laksamana Pertama (M) Wan Mohd Affandi Bin Wan Ahmad dan mendapatkan informasi lengkap mengenai AMSAS. Selain itu delegasi Bakamla RI berkesempatan untuk melihat fasilitas yang dimiliki oleh AMSAS.

Dalam diskusi yang dilaksanakan, delegasi Bakamla RI berharap dapat melakukan kegiatan pelatihan bersama yang bersifat bilateral atau yang termasuk dalam kerangka HACGAM dengan AMSAS. Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan hubungan antara Bakamla RI dengan APMM sehingga dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan laut di kawasan.

Lebih lanjut, delegasi Bakamla RI melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua Pengarah Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) Laksamana Maritim Dato Sri Hj Ahmad Puzi Bin Hj Ab Kahar di Putrajaya, Malaysia. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan pembicaraan strategis mengenai program kerja sama yang akan dilakukan di masa mendatang.

Kunjungan kehormatan ini juga digunakan sebagai wadah untuk bertukar pandangan terhadap keamanan laut di kawasan khususnya terkait situasi di Laut Sulu, penurunan kasus perompakan dan pengelolaan keamanan di wilayah perbatasan. Dalam akhir diskusi, kedua belah pihak sepakat untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kerja sama dengan menyusun sebuah dokumen kerja sama formal melalui tim teknis kedua instansi.

Sebagai institusi yang membidangi permasalahan kemaritiman, Bakamla RI dan APMM telah menjalin kerja sama yang baik antara lain di bidang penyelenggaraan patroli bersama, dan pelatihan. Kedua belah pihak berharap komitmen kedua negara untuk menjaga keamanan maritim di kawasan dapat tetap dijalankan melalui kerja sama teknis Bakamla RI dan APMM.
Pada rangkaian kunjungan ini, delegasi Bakamla RI terdiri dari Kasubdit Penyelenggaraan Latihan Kombes Pol. Benny Iskandar, Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR., Kasi Kerjasama Bilateral dan Regional Fenny Sefhirany, S.S. beserta Staf Kerja Sama Bilateral dan Regional Sarah Rizky, S.S. (Hum)