Senin, 10 Desember 2012 - 22:16:27 WIB

Dipo Bantah Blokir Anggaran Kemenhan

Penulis : Redaksi
Kategori: POLITIK DAN HUKUM - Dibaca: 554 kali


Jakarta-- Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam menegaskan tidak pernah meminta Menteri Keuangan Agus Martowardojo untuk melakukan blokir anggaran, termasuk pemblokiran dana optimalisasi Kementerian Pertahanan.

"Sebenarnya surat saya ke Menteri Keuangan (Menkeu) sifatnya rahasia karena azas praduga tidak bersalah. Tidak pernah tertulis dalam surat kepada Menkeu, Menhan dan Kepala BPKP saya meminta penjelasan, tidak ada saya meminta blokir. Saya tidak pernah meminta blokir", kata Dipo dalam Rapat Gabungan Komisi I DPR dengan Menhan, Panglima TNI, Seskab, dan Kepala BPKP di ruang Nusantara II DPR, Senin (10/12).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi I DPR Mahfud Sidiq itu, Seskab juga menjelaskan masalah kongkalikong anggaran.

Ia menyebutkan bahwa masalah kongkalikong anggaran itu terkait dengan Surat Edaran Seskab Nomor: SE-542/Seskab/IX/2012, agar kita mengawal APBN 2013-2014 dari kongkalikong sesuai 15X arahan Presiden.

"Jad,i surat ini merupakan surat edaran kepada anggota kabinet bukan DPR. Saya tidak pernah menyebut secara eksplisit nama kementerian, saya tidak pernah menyebut itu", jelas Dipo.

Seskab mengaku tidak tahu menahu soal nama-nama kementerian yang disebut media massa, termasuk tercantumnya nama Kementerian Pertahanan. "Hanya media yang menyebut karena surat saya rahasia. Saya tidak pernah menyebut baik tertulis maupun lisan nama kementerian, nama menteri", tegas Seskab.

Soal anggaran Kemenhan, Dipo mengaku tidak tahu persis apakah sesuai ketentuan atau tidak. Karena yang dilakukannya bukan soal penyesuaian tapi hanya meneruskan pertanyaan berdasarkan laporan masyarakat.

"Seandainya surat itu benar, saya tanyakan kepada Menhan apakah pengadaan alutsista sudah mempertimbangkan industri pertahanan dalam negeri. Saya menanyakan, konteksnya bukan mempersoalkan", ujarnya. (BUD/set)