Kamis, 15 Oktober 2020 - 15:30:12 WIB

Latihan Penyelamatan Kapal Selam Satsel Koarmada II Masuki Tahap TFG

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 179 kali


Latihan Penyelamatan Kapal Selam Satsel Koarmada II memasuki Tahap Tactical Floor Game (TFG) yang dilaksanakan di posko latihan Satuan Kapal Selam Koarmada II, Ujung Surabaya, Kamis (15/10/2020).

Kegiatan TFG merupakan puncak dari kegiatan latihan posko sebelum pelaksanaan manuver lapangan. Peserta latihan dalam TFG tersebut melaksanakan gladi kering sesuai tugas yang akan dilaksanakan dalam latihan dilapangan nanti.

Adapun materi latihannya adalah prosedur pencarian serta penyelamatan terhadap kapal selam melalui operasi SAR laut yang melibatkan unsur udara, unsur atas air, Dinas Penyelamatan Bawah Air, Kopaska, maupun Basarnas.

Latihan Penyelamatan Kapal Selam tahun 2020 yang melibatkan beberapa unsur pendukung diantaranya, KRI REM-331, KRI PRE-711, KRI RGL-933, Heli Panter, Tim Kopaska, Tim Penyelam dan Tim Kesehatan Koarmada II ini berlangsung sejak tanggal 12 Oktober sampai 22 Oktober 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, kesiapan operasional dan keterpaduan unsur-unsur dalam melaksankan SAR terhadap Kapal Selam serta uji doktrin dalam pelaksanaan operasi penyelamatan kapal selam.

Sementara itu ditempat terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan selaku Direktur Latihan berharap selama proses TFG agar dilaksanakan secara detil sehingga pada saat Manuver Lapangan (Manlap) tidak terjadi kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian baik personel maupun material serta mengedepankan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.