Rabu, 15 Juli 2020 - 04:44:45 WIB

Dankormar Tinjau Monumen Plaza Menbanpur 2 Mar

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 219 kali


Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han) meninjau monumen Plaza Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Menbanpur 2 Mar) sekaligus memanen ikan lele hasil budidaya program ketahanan pangan serta membagikan secara cuma-cuma ke prajurit Menbanpur 2 Mar di Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya. Selasa (14/07/2020).

Kedatangan Dankormar, diawali dengan laporan kesiapan kunjungan di depan monumen Plaza Menbanpur 2 Mar oleh Komandan Menbanpur 2 Mar Kolonel Marinir Citro Subono dan disambut oleh Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., lalu dilaksanakan peninjauan Monumen Plaza Menbanpur 2 Mar.

Sebelum kegiatan panen ikan lele, kepada Dankormar dijelaskan tehnik budidaya yang telah dilaksanakan mulai dari pembibitan, pemberian pakan, sortir ukuran tubuh hingga siap panen serta pemanfaatan air limbah budidaya ikan lele untuk menambah unsur hara bagi tanaman sayuran seperti kangkung, tomat, sawi, terong dan lain-lain. Usai panen ikan, dilanjutkan dengan pembagian ikan lele hasil panen secara langsung oleh Dankormar kepada seluruh prajurit Menbanpur 2 Mar.

Masih dalam kesempatan yang sama, Dankormar mengatakan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 seluruh masyarakat turut merasakan dampaknya dan tentunya menuntut agar mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru, dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Panen ikan lele hari ini menjadi bagian dari langkah Korps Marinir/TNI AL untuk menjaga ketahanan pangan Nasional yang sejalan dengan direktif Bapak Presiden RI untuk meringankan dampak pandemi, melalui program pemanfaatan lahan dan program padat karya, penanaman bahan pangan yang cepat panen, dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia."

Lebih lanjut Dankormar menyampaikan bahwa apa yang telah dilaksanakan Prajurit-prajurit Menbanpur 2 Mar tidak hanya membantu ketersediaan pangan tetapi juga memberi penghasilan tambahan, saling membantu dan menguatkan untuk memutus mata rantai penularan covid-19 serta mendukung program pemulihan nasional.

Turut hadir dalam acara tersebut Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., Asops Dankormar Kolonel Mar A.Fajar, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Idi Rizaldi, Danmenart 2 Mar Kolonel Marinir Encep Wahyu Gumelar, S.E.,M.M., Para Perwira Staf Danmenbanpur 2 Mar dan Dansatlak jajaran Menbanpur 2 Mar.