Jumat, 12 Juni 2020 - 19:35:30 WIB

Jelajahi Teknologi Kamera Smartphone dengan HUAWEI Seri P40

Penulis : Redaksi
Kategori: TEKNOLOGI - Dibaca: 1919 kali


Dengan HUAWEI Seri P40, Anda akan Diajak Melampui Apa yang Bisa Dilihat Mata dengan #VisionaryPhotography

Baru-baru ini HUAWEI P40 Pro+ dirilis secara resmi di Indonesia dan konsumen saat ini memiliki opsi yang lebih beragam untuk kamera smartphone terbaik. Pre-order untuk HUAWEI P40 Pro+ dimulai dari 12 Juni sampai 26 Juni dengan harga Rp 18,499,000. Sedangkan pre-order HUAWEI P40 dimulai di tanggal yang sama sampai 19 Juni pada harga Rp 9,999,000. Akan ada juga cashback dari beberapa bank sampai dengan Rp 1,000,000 dan cicilan 0% sampai 24 bulan dari BCA, Mandiri, digibank by DBS, dan Permata Bank. Konsumen pun dapat melakukan trade-in dengan cashback sampai Rp 1,000,000, 1+1 tahun garansi, gratis 50GB penyimpanan cloud selama 12 bulan.

Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Consumer Business Group Indonesia menjelaskan bahwa ciri khas dari HUAWEI Seri P adalah fitur kameranya yang selalu dinanti para peminat fotografi smartphone. “Tahun lalu HUAWEI Seri P30 telah berhasil membentuk standar baru ketika diluncurkan tahun 2019. Namun, kini hadir penerusnya, Seri P40, yang telah memancing rasa penasaran banyak orang. Setiap produk dari lini terbaru ini memiliki susunan kamera yang berbeda. P40 memiliki 3 kamera, P40 Pro memiliki empat kamera, lalu P40 Pro+ dengan lima kamera. Setiap model diciptakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen,” ungkap Khing Seng.

HUAWEI P40 Pro+ menarik perhatian banyak orang dengan Ultra Vision Leica Penta Camera yang dimiliki. Tujuan menghadirkan lebih dari satu kamera adalah untuk menawarkan sudut pandang lain dalam pengambilan gambar. Satu lensa mungkin tidak cukup untuk mengambil gambar orang dalam jumlah banyak, atau pengguna ingin mengabadikan objek dari jarak jauh tanpa merusak kualitas.

Hal ini lah yang menjadi alasan HUAWEI P40 Pro+ memiliki lima optik pada kameranya yang saling terhubung pada sensor masing-masing. Kamera utama - yang akan lebih detil dibahas kemudian - dan menawarkan sudut yang lebih luas sehingga banyak hal dapat ditangkap dalam pengambilan gambar, serta dua lensa zoom yang membuat objek di lokasi yang jauh dapat tampak lebih dekat.

"Kamera" kelima dari P40 Pro+ merupakan depth sensor atau ToF sensor yang sebetulnya bukan seperti kamera tradisional pada umumnya dikarenakan data resolusi yang kecil digunakan untuk memperkirakan jarak yang kemudian dapat digunakan oleh perangkat lunak untuk menghasilkan efek bokeh dengan akurasi tinggi.

Akan tetapi, ketiga produk ini memiliki satu kesamaan yaitu kamera utama. Kamera 50 megapixel dengan sensor SuperSensing ini memiliki teknologi RYYB, sama seperti P30 Pro, dan juga sensor CMOS berukuran 1/1.28in yang jauh lebih besar dari kamera lainnya. Hal tersebut menjadi tanda bahwa hasil gambar akan maksimal. Selain itu penyatuan 4-in-1 pixel juga semakin mendukung kualitas gambar yang diambil. Pengaturan serta ukuran fisik tersebut dapat memberikan keuntungan dalam mengirimkan sinyal yang lebih bersih untuk kualitas foto keseluruhan yang lebih baik.

Ketiga perangkat juga memiliki kamera wide-angle walaupun ada perbedaan antara P40 dengan P40 Pro dan P40 Pro+. Sang ‘adik’, P40, memiliki sensor 16-megapixel pada panjang fokus 17mm, sedangkan Pro dan Pro+ menawarkan 40mp pada 18mm. Kamera dengan resolusi yang lebih besar menawarkan cine lens yang dapat mendukung untuk pembuatan video hingga kualitas 4K.

Selain itu untuk elemen zoom, ketiga model P40 masing-masing memiliki lensa zoom optikal. P40 dengan 3x zoom, P40 Pro dengan 5x zoom, dan P40 Pro dengan 10x zoom. Untuk 3x zoom sama dengan yang sebelumnya ada di P40, namun dengan resolusi 8 megapixel di P40 dan P40 Pro+. Sedangkan 5x zoom berbeda dengan seri sebelumnya, karena Huawei kini memanfaatkan teknologi RYYB SuperSensing untuk zoom bagi P40 Pro. Sementara untuk 10x zoom untuk pertama kalinya kita melihat zoom periscope, yang hanya dimiliki P40 Pro+ yang digunakan bersama dengan 3x zoom optik untuk menawarkan kemampuan untuk melalui setiap level zoom agar dapat menghadirkan sarana yang tepat untuk setiap pengambilan gambar.

P40 Pro dan P40 Pro+ juga dilengkapi dengan sensor kedalaman Time-of-Flight, yang dapat mengambil informasi dari jarak jauh yang dapat digunakan oleh perangkat lunak dalam lapisan-lapisan yang membantu menciptakan latar belakang samar (bokeh) dalam mode portrait.

Semua produk seri P40 menawarkan mode yang sudah familiar bagi pecinta Huawei, mulai dari pengambilan gambar Artificial Intelligence hingga night mode. Dengan digunakannya Kirin 990 5G, teknologi AI semakin dimaksimalkan dengan hadirnya HUAWEI Golden Snap yang terdiri dari fitur seperti AI Best Moment, AI Remove Passerby, dan AI Remove Reflection. Jadi tidak perlu lagi takut hasil jepretan tidak memuaskan karena teknologi AI yang ada akan menawarkan hasil terbaik dari gambar yang kita ambil

Sedangkan untuk kamera depan terdapat dual kamera pada ketiga produk Seri P40. Kamera depan utama memiliki resolusi 32 megapixel yang dipasangkan dengan sensor kedalaman untuk pengaburan latar belakang dan fitur-fitur lainnya.