Sabtu, 29 Februari 2020 - 06:41:57 WIB

Menko Perekonomian RI Beri Kuliah Umum di SESKOAL

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 202 kali


Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI Dr.(H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, MBA., M.MT., IPU., memberikan Kuliah Umum dengan tema “Transformasi Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa”. Kuliah Umum ini dihadiri 175 Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Dikreg Seskoal) Angkatan ke-58 TA. 2020, Prajurit dan PNS Seskoal serta peserta Mahasiswa Program Seat In dari Universitas di Jabodetabek, di Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (28/02).

Acara diawali dengan penyambutan Menko Perekonomian RI Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, MBA., M.MT., IPU., yang didampingi Ketua Komisi I DPR RI Ibu Meutya Hafid dan Anggota DPR RI dua periode (2009-2014 dan 2014-2019) Dr. Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, M.Si., oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., dan Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Tatit Eko W., S.E., M.Tr (Han) dilanjutkan foto bersama di Plaza Dharma Wiratama. Kegiatan dilanjutkan menuju ruang transit dan Menko Perekonomian RI Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, MBA., M.MT., IPU., bersama rombongan selanjutnya menuju ke ruang Amphitheater guna memberikan Kuliah Umum.

Pada Kuliah Umum tersebut, Menko Perekonomian RI Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, MBA., M.MT., IPU.,menyampaikan sejumlah data perkembangan dan kemajuan ekonomi Indonesia saat ini di mana Ekonomi Indonesia masih bergantung 70% dari belanja domestik. Hal tersebut tidak terlepas dari kekuatan ekonomi domestik dari lebih 260 juta jiwa penduduk Indonesia yang tentunya merupakan pasar domestik yang sangat besar.

Selanjutnya Menko Perekonomian RI Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, MBA., M.MT., IPU., menjelaskan bahwa bentuk pencapaian program kerja pemerintah lima tahun yang lalu dan lima tahun yang akan datang menurut indeks perekonomian dunia, Indonesia menjadi lima negara startup ekonomi dengan pertumbuhan terbesar di dunia setelah Amerika Serikat, Kanada, India, dan Rusia. Guna menyikapinya, sudah saatnya Indonesia menuju pada tahap ekonomi digital, karena transformasi ekonomi menuntut perubahan jenis kerja baru yang seharusnya juga diikuti oleh kapabilitas tenaga kerja yang efektif dan inovatif.

Selain itu, mengenai pembentukan RUU Cipta Lapangan Kerja, Menko Perekonomian RI Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, MBA., M.MT., IPU., menyatakan bahwa hal itu merupakan salah satu upaya pemerintah mewujudkan Indonesia yang lebih maju. RUU Cipta Lapangan Kerja akan memberikan perlindungan kepada UMKM dan perekonomian, peningkatan ekosistem investasi, kemudahan berusaha, perlindungan kesejahteraan pekerja, serta percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN). Pemerintah juga menyiapkan berbagai kebijakan antara lain keuangan, fiskal, reformasi struktural dan sustainability dalam memperbaiki dan mendorong pertumbuhan ekonomi, serta membahas tentang dampak Virus Corona terhadap Perekonomian Global dan Indonesia.

Lebih lanjut Menko Perekonomian RI Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, MBA., M.MT., IPU., dengan perkembangan yang ada saat ini Indonesia akan semakin berkembang bila pembangunan SDM dan Perkembangan Industri dipesatkan lagi akan mampu membawa Indonesia menjadi 5 besar kekuatan Ekonomi Dunia.

Usai memberikan materi, para peserta Kuliah Umum ini diberikan kesempatan untuk bertanya kepada Menko Perekonomian RI Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, MBA., M.MT., IPU.,dan kesempatan ini pun tak dilewatkan terlihat dari antusias peserta mengajukan pertanyaan kepada Menko Perekonomian RI Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, MBA., M.MT., IPU., di antaranya dari Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Turut juga hadir dalam kegiatan Kuliah Umum ini Sekertaris Lembaga Seskoal Kolonel Laut (P) Apriyani,.S.H., M.M., M.Si.(Han)., Para Pejabat Utama di Seskoal, Para Dosen dan Patun Seskoal serta seluruh personel militer dan PNS Seskoal.